Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Kamis, 03 Oktober 2013

One day escape to Legoland, Johor Bahru

Hollaaa~

Jadi ceritanya gue ke Singapore, buat nonton F1 concert.
Dan gue sama temen2 gue 3 orang mengarrange buat main di Legoland, Malaysia karena kita belum pernah dan punya waktu banyak di Singapore. kekeke..

Travel date gue 19 - 23 Sept 2013.
Gue dari Jakarta tanggal 19 Sept flight malam, sampe di Singapore itu jam 11 malam, langsung check-in hostel dan istirahat, karena besok pagi2nya cabut ke Legoland.

ke Legoland, Johor Bahru, Malaysia itu ternyata deket banget dari Singapore kira2 perjalanan darat 50 - 60 menit. di banding ngambil dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru. makanya most of people kalo ke Legoland ngambil dari Singapore rutenya.

Gue beli tiket via online and early book berapa minggu sebelum kesana, so i've got discount 20%.
harga tiketnya untuk Adult 140 RM, gue bayar jadinya 112 RM *mayann hemat* itu sekitar IDR 392.000,-
waktu gue pergi kurs 1 RM sekitar IDR 3.500,- hhhhhzzzz...
check this out for the ticket price : http://www.legoland.com.my/Plan/Prices-and-Tickets/

Rute gue ambil naik Bis dari Jurong East (traveler harus ngeteng, padahal sih gak punya duit... ) lol
Gue cabut dari hotel jam 08-09am, dari MRT Chinatown ke MRT Jurong East. dari MRT Jurong East kalo ngikutin arah keluar, nanti belok kiri ketemu ada Bus Terminal gitu, beli ticket untuk rute CIQ 2nd Link / Legoland, itu perorang kena 4 SGD (atau sekitar 36.800 IDR) oneway...
anteng2 di dalam bus, gak begitu lama sampai di Imigrasi untuk Stamp "OUT" dari Singapore, layaknya imigrasi darat yee, turun dari Bus, masuk kedalam gedung, antri imigrasi, cek-stamp, and done! keluar gedung naik Bus lagi, gak lama ketemu Imigrasi Malaysia untuk dapat Stamp "Masuk" Malaysia dengan proses yang sama...

after got the immigration stamp gue naik bus lagi dan langsung cuuuuss sampai Legoland, sebenernya sih dianter ke Legoland ini kebaikan hati supir bus, gue tuh harusnya turun di terminal apa gitu, dan lanjut lagi naik taxi atau apa ke Legoland... tapi si supir bus ini bilang dia akan nganterin kita langsung ke Legoland! :D

sampai di Legoland, foto2 di depan gate! wajib kudu musti! ^^
@ Legoland, Johor Bahru

Sebelum masuk ke dalam, kita putusin dulu untuk lunch di Burger King (gak jauh2 yeee...) gue nyesellll banget gak tuker duit Ringgit dari Jakarta, dengan pikiran "ah, nanti di Legoland juga ada money changer" dan ternyataaaa kagak ada daahhhh~!! ampunn... untung temen gue masih pegang berapa puluh Ringgit untuk makan. -__- jadi nebeng dulu.. ekekeke..

Map of Legoland, Malaysia
Gue attached Map of Legoland, dari Entrance Gate gue ambil ke jalur kiri, jadi yang pertama gue explore itu Lego Technic...ada beberapa permainan yang bisa dinaikin oleh dewasa, kaya Technic Twister, Aquazone Wave Racers atau Project X. Temen2 gue naik Project X, roller coaster gitu, dan lumayan tinggi!! fiiuuuhh~ gue mah gak berani deh kalo naik2 begituan.. asli!
trus sebelahnya nanti ada Lego Mindstorms, kaya workshop room gitu, gue masuk bentar terus keluar lagi.. hahaha...

nelusurin jalan gue ketemu permainan semacam Project X tapi ini namanya Dragon's Apprentice, sama kaya roller coaster gitu, versi lebih kecil tapi yang bikin ngehe dibikin 5 lap sama operatornya!! mampus kejebak! hahaha.. gue naik ampe teriak2 minta turun, dan langsung mual... hahaha.. masuk ke area Lego Kingdom, mainannya juga sama Roller Coaster!!! Hhzzz... kalo yang pada berani silahkan ke wahana The Dragon, versi lebih dahsyatttt dari Dragon's Apprentice... Lego Kingdom ini bentuk bangunannya kereennn~ kaya semacam Hogwarts Castle di film Harry Potter! di Area Lego Kingdom ini sebenernya banyak permainannya, tapi kebanyakan untuk anak kecil.. kaya Royal Joust, naik kereta kuda keliling2 park, terus ada Merlin's Challange semacam komedi puter gitu..

Kiri Atas Bawah : Project X Kanan atas : Depan Aquazone Wave

Gue nelusurin jalan, akhirnya sampaiii di Imagination Area, yang menarik gue pengen naikin yaitu Observation Tower yang bisa ngeliat seluruh Legoland dari atas, kereenn pokoknya! tapi cuman sebentar, gak begitu berasa gue naiknya, dia naik keatas dan diputer pelan2 terus turun lagi. paling cuman 5 - 7 menit kali yah... di Imagination Area ini banyak atraksi kaya Lego Studio 4 D, tapi gue gak masuk soalnya ada jadwal shownya dan kita udah kelewatan... trus ada Playtown yang bisa dimainin sama anak kecil...

Lanjut lagi masuk ke Area Land of Adventure, disini yang menarik itu permainan Dino Island kaya semacam Niagara-gara di Ancol, hehehe.. dari dalam perahu turun menghempas air. gue gak main, ogah basah soalnya... hehehehe jadi kita cuman berenti buat foto2 aja dehhh... terus lanjut jalan lagi ke area selanjutnya... kekeke...

Observation Tower & Dino Island
Dari Land of Adventure gue ke Miniland Area, isinya miniature dari symbol negara2 di Asia, dari yang gue liat ada Patuxay dari Laos, The Forbidden City & Great Wall dari China, Taj Mahal dari India, Singapore City, Brunei, Myanmar, ada Pura Tanah Lot dari Bali Indonesia, dan yang paling keren itu Angkor Wat dari Cambodia.
and they all made from LEGO!! asliiii... kebayang gak sih loe gimana cara bikinnya... dan itu persis seperti aslinya... skala 1 : 1.000 kayanya hahahaha...
sumpah gue sendiri pun takjub, keren parahhh soalnya... kita lumayan lama keliling2 disini, bener2 ngeliatin satu2 per negara. xixixi

Finished tour keliling asia dalam versi miniature, kita putusin buat cabut dari Legoland, supaya bisa mampir ke JPO (Johor Premium Outlet) dan gak kemaleman buat balik ke Singapore. So, this is the end of one day played at Legoland. hohoho...
Legoland ini masih baru banget, baru 1 tahun berdiri. Kondisinya masih sepi, gak kaya Universal Studio Singapore yang rame orang... udah gitu masih gersang, bener2 panasss euy gak ada kerindangan / pohon yang ditanam...  permainannya pun lebih buat anak kecil, kalo bawa anak kecil mungkin asik main disini... udah gitu transportasinya juga masih kurang bagus, schedule bus nya jaraknya jauh2, ada jam2nya untuk bisa naik dan kembali ke perbatasan imigrasi, naik taksi mahalnya ampun kalo di malaysia... menurut gue kalo mau main kesana harus bener2 liat schedule bus dan on time ke terminalnya. karena kalo udah ketinggalan bisa nunggu 2 - 3 jam lagi untuk Bus selanjutnya... Pe-eR bangetttt kan~

The Forbidden City & Great Wall, Taj Mahal, Singapore & Angkor Wat

kaya gue and temen2 gue nih nasibnya.. selesai dari legoland sekitar jam 15.00 dan kita ke tunggu di halte bus yang biasanya lewat ternyata bus nya itu udah lewat jam 14.45 dan ada lagi jam 17.45 itu untuk rute ke JPO yah (Johor Premium Outlet) bukan balik ke Singapore.. males kan buang2 waktu nungguin, akhirnya memutuskan untuk naik Taksi.. dari Legoland ke JPO kena 60 RM aja gitu berarti sekitar 210.000 IDR. Mahallll ajeee kan.... hhhhzzz... ini karena kita gak ngeh dengan jadwal2 bus di Legoland.

Oiya, Johor Premium Outlet a.k.a JPO itu tempat shopping barang2 branded, luaaassssssss banget dengan tenant brand exclusive kaya Bonia, Michael Kors, Burberry, LV, etc... Gue sempet2nya shopping di Vincci sana.. ahahaha.. *tetep* dan JPO ini jadi destinantion tourist kalo ke Johor Bahru, selain Legoland & Hello Kitty Land.

Nah, dari JPO ini kita udah dapet pencerahan dari Information Center kalo jadwal busnya dari JPO ke CIQ 2nd Link (Perbatasan Imigrasi) berangkat jam 16.15. So, sebelum jam segitu kita harus udah stand by di Halte busnya. kagak lucu banget kalo ketinggalan lagi -__-  untuk biayanya kena 5,20 RM /orang.
Lucky Busnya ontime, jadi kita langsung naik dan istirahattt dalam Bus buat balik ke Singapore~
Rutenya : JPO - Hello Kitty Land - Lego Land - 2nd Link
Proses Imigrasinya yaa balik lagi kaya yang diatas. Hohoho...
And welcome back to Singapore! ^^ F1 Time~