Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Sabtu, 03 September 2016

1,5jt Explore Langkawi, Malaysia

Berkat promo Free Seats dari AirAsia tahun 2015 lalu, gue dapet tiket murah untuk liburan ke Langkawi, Malaysia.. KUL-LGK return hanya sekitar 36 MYR atau sekitar IDR 118.800 jika dikalikan dengan kurs MYR saat ini. Memang harus menunggu 1 tahun kemudian untuk berangkat, tapi no problem bukan? hehehe...

Ini pertama kali gue berkunjung ke Langkawi... awalnya iseng milih rute ini, setelah beli tiket pesawat dan browsing2 ternyata banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi.. jadilah excited!
Mana sih Langkawi itu?! pertanyaan keluarga gue pas gue bilang mau liburan kesana...
Akhirnya gue jelasin, Langkawi itu salah satu pulau besar yang ada di Malaysia. 1 jam naik pesawat lagi dari Kuala Lumpur kalo mau menuju kesana.
kalo di bilang ada apa disana? gue juga gak tau karena gue baru perdana mau kesana. cuman dari hasil browsing2 gue liat ada beberapa tempat yang wajib banget dikunjungin!

Pulau Dayang Bunting




Berikut contekan Itinerary gue selama 3 hari 2 malam di Langkawi
Day 1
Jakarta - Kuala Lumpur
Kuala Lumpur - Langkawi
Landing at Langkawi Intl Airport
Menuju ke Hotel menggunakan Mobil Sewaan
Check In at Adya Hotel Langkawi
Dinner around Hotel

Day 2
Breakfast at Hotel
Heading to Cenang Beach
Island Hoping Tour ;
- Pulau Dayang Bunting
- Eagle Feeding
- Pantai Beras Basah
Back to Hotel (Self Clean)
Lunch at Local Restaurant (Nasi Kandar)
Waterfall (near Telaga Seven Wells)
Oriental Village
Langkawi Cable Car
Langkawi Sky Bridge
Night Market at Beras Terbakar
Back to Hotel

Day 3
Breakfast at Hotel
Check out Hotel
Dataran Elang / Eagle Square
Off to Langkawi Intl Airport
Langkawi - Kuala Lumpur

Itinerary yang cukup padat bukann, tapi lumayan seru dan oke buat direkomendasikan.
Dengan biaya  yang tidak terlalu mahal, bisa mengexplore pulang Langkawi ini.
Nahh... saatnya itung2an biaya karena gue menyebut "tidak terlalu mahal"... hohoho...

Biaya yang gue keluarkan selama 3 hari di Langkawi
- Hotel Adya Langkawi (4-stars Hotel) 3d2n per-orang = MYR 200
- Car Rental (Perodua Viva) 3d2n per-orang = MYR 50
- Petrol 3d2n MYR 20 dibagi b2 = MYR 10
- Car Park for Telaga Seven Wells = MYR 2
- Meals 3d2n = MYR 50
- Hotlink Sim Card = MYR 20
- Ticket Admission ;
   - Langkawi Sky Cab = MYR 45
   - Langkawi Sky Bridge = MYR 15
   - Package Tour Island Hoping = MYR 35
- Others = MYR 23

Total semuanya = MYR 450
Nilai kurs MYR pas gue berangkat pertengahan August 2016, 1 MYR = IDR 3,300
Jadi total yang gue keluarin 450 MYR x IDR 3,300 = IDR 1,485,000,-

Gimana? Oke gak cost nya? itu bukan budget Low-Cost Traveler lhooo...
masih bisa di pressss cost nya kalo mau ala-ala low-cost traveler.

Untuk Hotel gue dapet dari booking.com dengan harga yang lumayan murah untuk ukuran hotel bintang 4... dengan kamar yang lumayan besar & fasilitas yang OK, akhirnya memutuskan ambil hotel Adya Langkawi ini. Include Breakfast & Room with Sea-View dengan harga MYR 400 untuk 3d2n. Untuk menuju ke Hotel yang terletak di daerah Kuah Town ini memakan waktu hampir 20-30 menit dari Airport dengan menggunakan mobil.
Superior Room at Adya Hotel Langkawi
Tadinya sempet terlintas mau cari hotel yang lebih murah lagi, karena banyak pilihan hotel di Langkawi yang harganya cocok banget buat low-cost traveler, tapi setelah berunding dan mencapai kesepakatan, hahaha.. akhirnya memutuskan gak jadi pindah!
kata partner traveling gue, "gak papalah sekali2 leyeh2 di hotel mahal.." wkwkwk...







Car Rental Perodua Viva
Terus untuk Car Rental, karena di Langkawi gak ada transportasi umum kaya bus atau MRT jadi kalo mau kemana2 harus menggunakan Taxi, yang harga nya cukup mahal untuk one-way trip. contoh kaya ke Airport - Hotel bisa di charge sampai MYR 35! Kalo bolak balik udah kena MYR 70, belum lagi kalo mau kemana2 kannn... akhirnya kita memutuskan untuk menyewa mobil..
di pintu keluar Airport nanti banyak travel agent yang menawarkan penyewaan mobil ini, dari jenis mobil standard sampai yang mewah, dengan harga yang pastinya bisa di NEGO!
Jangan sampeee gak pake nego pokoknya! hehehe... Awalnya gue di charge 150 MYR untuk mobil standard Perodua Viva 3d2n, setelah di nego2, akhirnya deal di harga 100 MYR! *lumayaannn
Gak punya SIM International?? Tenang!!! gue juga gak punya koq.... cukup pake SIM Indonesia aja udah bisa, nanti mereka cuman catat no SIM kita untuk data, so simple!

Kalo untuk makan selama di Langkawi, tenang aja, selama masih ada yang jual Nasi Kandar pokoknya aman.. hehehe.. salah satu makanan favorite kalo di Malaysia, harganya murah & porsinya banyakkkk... hahaha... untuk 1 porsi biasanya cuman MYR 9-10 tergantung dari Menu yang dipilih juga sih... :D
Gue karena di hotel dapet breakfast, jadi gak gitu memusingkan sarapan, terus makan siang bisa ke restaurant Nasi Kandar, dan di daerah hotel gue banyak yang jual makanan kaya KFC dan street food lainnya untuk makan malam bisa tinggal nyari deket2 hotel. Biaya untuk makan cuman habis sekitar MYR 50 selama disana.

Speed Boat
Wisata pulau ke pulau??? kayanya Island Hoping Tour merupakan salah satu yang wajib diikutin kalo di Langkawi dehhh... Gak akan nyesel ambil tour ini. Biayanya juga murah perorang cuman MYR 35.
1 boat sharing dengan group lain, gue sih gak masalah, 1 boat bisa berisi sekitar 15 orang deh kayanya.. Gue booking tour ini sehari sebelumnya via Travel Agent yang ada di airport pas sekalian sewa mobil. Setelah oke dengan harganya mereka ngasih tau schedule & tempat janjiannya.
at Dayang Bunting Island
ada 2 schedule untuk ikut tour ini, Jam 09.00 atau Jam 14.00. Gue ambil yang pagi jam 09.00 selesai sekitar jam 13.00 (4 Jam tour). Dari hotel gue nyetir ke daerah Pantai Cenang untuk janjian dengan rombongan lainnya.. dan akhirnya sampai di Dermaga.
karena Provider tournya banyakkk, nanti kita akan dikasih sticker (ditempel dibaju) dan berangkat sesuai dengan groupnya. Hapalin nomor boatnya yaa, karena nanti kita akan menaiki boat yang sama selama 4 jam tour!
pokokonya asikk & seru naik Speed boat, kena terpaan air laut dan view yang keren.
Tujuan pertama ke Dayang Bunting Island, dikasih waktu sekitar 1 jam untuk jalan2 & photo2. setelah itu kembali ke boat dan menuju ke lokasi "Eagle Feeding" di daerah ini banyakkkkkkkkk banget burung Elang yang berterbangan dan menikmati makanan yang diberikan oleh si driver boat. baru setelah itu kita menuju ke Pantai Beras Basah, disini bisa melakukan aktivitas water sports, snorkeling & swimming. Setelah tour selesai kita diantar kembali ke Dermaga tempat awal dimana kita berangkat. Karena kuyuppp kena air laut akhirnya kita memutuskan untuk kembali ke hotel dulu untuk bersih2. Lumayan seruuuu ikutan tour ini, pokoknya kalo ke Langkawi wajiiib banget masuk ke Itinerary!

Waterfall near Telaga Seven Wells
Setelah bersih2 di Hotel, kita ready lagi untuk menjelajah bagian lain Langkawi, setelah main air laut, saatnya menikmati pemandangan from the TOP. alias menuju Langkawi Cable Car!
Perjalanan dari hotel ke Langkawi Cable Car lumayan jauuh, sekitar 30-45 menit kayanya. Gue cuman mengandalkan waze & google maps untuk bisa sampai kesana.
Sebelum naik Cable Car, gue mampir dulu ke Waterfall yang menuju ke Telaga Seven Wells (tapi gak sampai ke Telaga Seven Wells-nya sih) karena jauhhhh banget keatas jalan kaki. akhirnya kita cuman short trekking ke Waterfall aja.

Dari Waterfall gue nyetir ke Oriental Village yang juga merupakan pintu masuk untuk naik Cable Car, di Oriental Village lumayan banyak store2 local yang jualan, dan juga permainan2 yang bisa dicobain.. Kalo punya budget shopping bisa belanja disini... cuman gue pikir mereka akan buka sampai malam, ternyata nggak, sebelum jam 7 sore toko2 udah pada tutup! huhuhu..

Langkawi Cable Car?? (What the H**L!!) asliiiiiii itu Cable Car paling tinggi & paling lama yang pernah gue naikin!! bikin parnoooo banget! tapi VIEW nya amazing!!
Harga tiket untuk return sebesar MYR 45... (paling mahal diantara ticket admission lainnya).
Menurut Wikipedia panjang Cable Car untuk menuju Langkawi Sky Bridge kurang lebih 2,2 km dan memakan waktu sekitar 15 menit untuk sampai keatas!! WOOOW *waktu yang lumayan lama kalo loe ngerasain pas diatas sana... ahahaha...
Gue sempet stop di Middle Station untuk Photostop sebelum lanjut ke Top Station tempat dimana Langkawi Sky Bridge berada.
Touchdown di Top Station, ada pilihan untuk menuju Sky Bridge, menggunakan Sky Glide (MYR 15) or Walking (MYR 5) gue males musti trekking, jadilah menggunakan Sky Glide.

Langkawi Sky Bridge? NOT recommended at all for those who have a fear of heights!
ASLIIIII!! loe kalo punya phobia ketinggian jangan berani2 coba, ngelewatin Sky Bridge ini bikin lumayan deg2an... hahaha... karena jaraknya dari ujung ke ujung yang lumayan jauh, pemandangan kebawah yang tinggiiii banget, dan terpaan angin yang lumayan kenceng. Tapi VIEW nyaaaaaa bagus & worth it! Gue juga awalnya takut2 dan setelah berapa lama akhirnya biasa... hehehe... Setelah photo2 dan kebetulan udah sore (mendekati waktu tutup) akhirnya kita kembali ke Base Station.

Setelah itu kita nyetir kembali menuju Night Market di daerah Beras Terbakar. Enjoy the culinary!

Karena kita sewa mobil sendiri, jadi agak flexible bisa kemana2 dan no rushing... mobilnya juga irit bensin! Sebenarnya masih banyakkk tempat di Langkawi yang bisa di explore, karena keterbatasan waktu dimana gue harus melanjutkan perjalanan ke Melaka, akhirnya gue pergi ketempat2 yang TOP recommended aja.
Dari hasil browsing2, berikut Top 10 attractions di Langkawi :
1. Lake of the Pregnant Maiden (Dayang Bunting Island)
2. Langkawi Cable Car and the Langkawi Sky Bridge (Pantai Kok, near Burau Bay)
3. Kilim Geo Park and Mangroves (Kilim River, North East end of Langkawi)
4. Underwater World (Pantai Cenang)
5. Eagle Square - Dataran Lang (Kuah Town, South East Langkawi)
6. Mahsuri's Tomb & Cultural Center (Padang Matsirat, Jalan Makam Mahsuri)
7. Galeria Perdana (North East, near Kilim Village, Mukim Air Hangat)
8. Langkawi Craft Complex (North Langkawi, Teluk Yu, Mukim Bohor)
9. Pulau Payar Marine Park (An island 30km south of Langkawi)
10. Langkawi Wildlife Park, formerly Bird Paradise (North East, near Kilim Village)

kalo punya waktu sekitar 4-5 hari kayanya bisa semua dikunjungin semua wisata yang ada di Langkawi.. ENJOY Langkawi!!

Langkawi Geo Park






 






Jetty Harbour
Eagle Square













So HOT! Ice Cream anyone?

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Beuh keren bgt... Saia pernah naek ampe ke seven wells... Et tuh anak tangga byk bgt ampe ngos ngosan, tp terbayar sama view nya. Keliatan drsana cable car

    BalasHapus
  3. Mau nanya dong, kalo disana banyak polisi nilang ga si?

    BalasHapus