Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Rabu, 04 Maret 2015

PENANG, MALAYSIA

Kalo denger kata Penang, yang terlintas apa?
Kalo gue yang terlintas Hospital & Orang berobat, Penang terkenal dengan Rumah Sakit nya yang katanya Murah dengan pelayanan yang bagus, harganya gak beda jauh sama di RS Indo, makanya banyak orang yang "lari" ke RS di Penang ini untuk berobat bahkan operasi.

Buat gue ke Penang ini kali ke 3, 2x Perjalanan dinas dari kantor, dan 1x jalan2 pribadi bareng temen2. 3x ke Penang ini jadi bikin gue rada hapal sama jalan2nya.. hehehe.. karena emang kota nya kecil, dan kemana2 gue naik bus (naik taksi mahal bokkk..!!)

Flight

Air Asia, 1x daily biasanya flight depart jam 16.45 from Jakarta and arrived at penang 20.10 pm

Transport

Dari Airport ke Hotel bisa menggunakan Taxi Bandara atau Bus (Rapid Penang)
- Taxi Fare to Georgetown around 45 MYR
- Bus Fare to Georgetown around 2.70 MYR

Sim Card

Sim card for Traveler, gue pake Tune Talk, dengan harga 20 MYR pas pertama kali beli, Saldo sebesar 10 MYR dan aktif internet untuk 7 hari. Untuk selanjutnya kalo gue ke Penang, gue cuman beli pulsanya aja 10 MYR untuk jalanin internetnya.

Hotel

Ada 2 hotel yang gue pernah pake selama di Penang.

1. Vistana Hotel, Bukit Jambul
    Ini waktu gue perjalanan dinas dari kantor, karena kantornya deket dari Bandara, jadilah di taro disini, dari Bandara sekitar 15 - 20 menit. (Taxi fare: 31,40 MYR)
berikut link untuk referensi :

rate hotel (based on booking.com or agoda.com) semalam kisaran Rp. 700.000,- (Deluxe) s/d Rp. 1.500.000,- (Suite) tergantung pilihan kamar.
Tempatnya nyaman, bersih, minimalis, kayanya merupakan hotel baru, makanya masih bagus.
Cuman kalo stay disini agak jauh kalo mau ke georgetown. perjalanan menggunakan bus bisa sampai 1 jam kalo mau main2 ke georgetown.

2. Inn Residence 18, Lebuh Cintra, Georgetown
    Gue nginep disini waktu terakhir kali ke Penang, karena bareng temen2, kita cari lokasi nya yang dipusat kota georgetown. Dapet hotel dari Booking.com, yaa bisa dibilang hotelnya standard lah, kamarnya kecil, twin bed, no breakfast, kena semalam 143 MYR atau sekitar Rp. 572.000,- / malam. Lumayan mahal sih untuk ukuran kamar yang kecil. Cuman menang di lokasi aja, strategis.

Culinary

* Macalister Road
    Street Food di Jalan Macalister ini lumayan paling ngetop, gue jam 11 malam kesana juga masih open.. Bentuknya kaya lorong yang dipenuhi stalls2 makanan. banyak pilihan aneka makanan & minuman, dari char koay teow, char mee, fried oyster, fried prawn, dimsum etc.. tinggal pilih sesuai selera aja.. harga makanan starting dari 5 MYR. biasanya gue bisa abis 10 MYR sekali makan disini.

* Lebuh Kimberly
   Sama kaya di Macalister Road, di jalan ini kalo malam dipenuhin sama stalls2 makanan yang isinya beraneka ragam (gak jauh2 dari char koay teow & fried oyster). Jalannya bisa dibilang lebih lebar dari Macalister Road. Must Try!

* Nasi Kandar Original Kayu Penang
   Kalo di Penang pasti ketemu dimana2 yang namanya "Nasi Kandar". Nasi kandar ini semacam nasi putih yang disiram pake bumbu curry (yang beda2 jenisnya) dengan pilihan lauk pauk seperti ayam madu, ayam goreng, omelet, udang goreng, etc..
Nasi kandar original kayu penang yang gue makan ini terletak di belakang Vistana Hotel, Bukit Jambul, open 24 hours.
Starting harga sekitar 9 MYR - 12 MYR (tergantung pilihan lauk pauk)

* China House, Victoria Street, Georgetown
   Kalo ada plan keliling liat2 Street Art Penang, sempetin mampir ke Resto ini, namanya China House. Letaknya di lorong2 Street Art, nanti pasti ketemu karena ada papan nama yang lumayan besar. Gue nyobain makan disini, Cake2nya asli bikin ngiler!! ampe bingung mau nyobain yang mana.. hehehe.. soalnya lumayan mahal, cake Tiramisu yang gue pesen harganya 15 MYR (belum termasuk pajak2an) berarti bisa sekitar 60.000 IDR untuk makan 1 Cake! Waaaw...
trus gue ordered for lunch "El Loco Hotdog" Paket hotdog + french fries juga sekitar 15 MYR harganya... total makan siang gue disitu 34,80 MYR or sekitar 130.000 IDR.. yaahh mayanlah yaaa!

* David Brown's, Strawberry Hill, Sky Terrace, Penang Hill
   Ke Penang pasti wajib ngunjungin Penang Hill, kalo udah sampe ke atas Penang Hill, wajib nongkrong di Cafe ini. Cafe dengan Penang City View, very awesome! Gue duduk2 cantik di Sky Terrace cuman order Ice Cappuccino, Ice Lemon Tea & French Fries dengan total 41,75 MYR or sekitar 155.000 IDR  udah bisa nikmatin view dari atas kota penang.. hohoho.. ^^

* Food Court Penang Hill
   Di sekitaran Owl Museum, ada food court yang lumayan enak & murah.. kaya nasi lemak, chicken fried rice, kwetiau dll.. kalo mau kenyangin perut dulu, ke sini bisa jadi pilihan utama. :D

* Subway Sandwich
   Hohoho.. ini sebenernya fast food sih yaaa, karena gue suka gpp ya gue masukin.. hahaha.. jadi tiap gue ke Penang atau ke tempat lainnya, pasti gak melewatkan beli Subway... Sandwich favorite gue pokoknya! dengan menu andalan Tuna Cheese! :D *sayang di Jakarta gak ada.. huhuhu...

Silahkan dicobaaaaa~ referensi kuliner nya masih belum banyak nanti kalo ada jalan2 lagi langsung gue update yaa :D hehehee...

Wisata

at Street Art

* Street Art Penang
   Street art yang berlokasi di central Georgetown ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungin. kita harus menelusurin jalan2 lorong georgetown untuk cari painting wall tersebut.. kalo mau kesini enak agak sorean sekitar jam 4an, karena kalo siang lumayan panassss.

Gue cuman ketemu 7 dari 22 Street Art yang ada di Map. Silahkan di cariiiii~ hohoho...

at Penang Hill
* Penang Hill
   Wisata ke "puncak" nya Penang.. dari Georgetown ke Bukit Bendera makan waktu kurang lebih 1 jam. Gue naik Bus dari Terminal Bus Jetty, cuman kena 2 MYR untuk 1x jalan. Trus beli tiket untuk naik train ke atas bukit seharga 30 MYR untuk return. Starting Open 06.30 AM for first train & 11.00 for last train from top station.
Seru naik keatasnya.. view kota penang keliatan jelas kalo siang.. tapi kayanya lebih bagus kalo malam, ngeliat lampu2 kota penang dari atas.

* Penang Bridge
   Merupakan salah satu Jembatan terpanjang yang menghubungkan pulau pinang dengan daratan Malaysia. Gue sempet ngelintas Penang Bridge waktu perjalanan mau ke Hat Yai. Penang Bridge salah satu ikon dari Negeri Malaysia karena desaignnya yang bagus & indah kalo dilihat pada malam hari keliatan jelas lampu2 Penang Bridge.

Sebenernya banyak wisata-wisata di Penang yang gue belum sempet kunjungin kaya :
* Sri Mahamariamman Temple

Shopping Mall

Ada beberapa Mall di Penang yang gue tau dan pernah gue kunjungin :

1. Prangin Mall
    Mall yang terletak dekat dengan Terminal Bus Komtar. Mallnya lumayan besar dengan tenant2 banyak.. yang dijual baju2, elektronik, etc.. kalo menurut gue lebih kaya ITC di Jakarta gitu.

2. 1st Avenue Mall
    dari Prangin Mall tinggal nyebrang aja untuk ke mall ini, kalo disini tenant2 yang lumayan terkenal & exclusive. ada H&M, Charles & Keith, dan brand2 terkenal lainnya.

3. Plaza Gurney
4. Queensbay Mall
untuk 2 mall terakhir gue belum pernah masuk, cuman karena terkenal jadi gue tau, Queensbay Mall mungkin mall paling asik karena terletak di pinggir pantai & mall paling besar di Penang.

Demikianlahhhh perjalanan saya ke Penang, udah 3x ke Penang dan kemungkinan akan terus kesana (karena kerjaan) hehehehe...
kalo untuk traveling, gue rasa di Penang 3 hari 2 malam udah cukup mengeksplore kota Penang, kalo lebih dari itu agak bingung mau ngapain lagi.. ^^
Terakhir kali ke Penang (pribadi dengan teman2) gue overland trip sampe ke Hat Yai, Thailand Selatan menggunakan Mini Van.. hohoho :D