Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Senin, 20 April 2015

HAT YAI, SOUTH THAILAND

Masih lanjutan dari cerita overland trip dari Penang (Malaysia) ke Hat Yai (South Thailand)...

Ini yang namanya kelakuan iseng traveler, hahaha... Gak bisa liat celah dikit main ke negara sebelah langsung deh cuuusss... Gue sebelumnya udah observasi kalo mau dari Penang trus ke Hat Yai gimana caranya... ternyataaaaaa emang lumayan deket  naik mini van, sekitar 4 jam.

Dari Georgetown, lebih tepatnya deket sama Terminal Bus Komtar, disekitaran situ banyak counter2 travel agent yang ngejual tiket bus, mini van dan lain2 untuk overland..
1 hari sebelumnya gue reservasi tiket untuk ke Hat Yai 4 orang. Harga tiket untuk naik mini van tersebut sebesar 35 RM /orang. 1 hari cuman ada 4 kali keberangkatan untuk ke Hat Yai (Jam 05.00, 08.30, 12.00 dan last van 15.30) gue sama temen2 ambil keberangkatan terakhir, jam 15.30 dari Georgetown.

Jam 3 udah standby di counter tour&travel agent, setelah itu kita naik mini van (lumayan gede untuk 10 sampai 11 orang) dan cuuusss berangkat! Hat Yai... we are coming!! :D selama perjalanan gue & temen2 tidurrr... hehehe tapi tetep aja kebangun2 sihh.. dan tau2 udah sampaii di perbatasan imigrasi..

hmm.. imigrasi darat emang selalu rempong sihh.. dan gak tau kenapa giliran gue maju untuk stamp petugas imigrasinya minta duit 2 RM. *gak jelas untuk apa* tapi giliran temen2 gue gak dimintain! Zzzz... trus kita di mintain 2 RM lagi sama pak driver anggep aja untuk kartu imigrasi katanya. (padahal mah kartu imigrasi kan gratis)

dari perbatasan lanjut perjalanan, dan kita dianter langsung ke Tune Hotel Hat Yai.. lumayan gak PR musti naik tuk2 untuk ke Hotel. Sampai di Tune Hotel itu sekitar jam 18.30 - 19.00 kalo gak salah, trus langsung check in, leyeh2 di kamar deh.. ^^

Tune Hotel Hat Yai ini lumayan recommend.. biasanya Tune Hotel kamarnya kecil & lumayan sempit, tapi untuk yang di Hat Yai ini, kamarnya luassss banget! dan murah! #penting harga untuk 2 malam di hotel ini sekitar 1.546 Bath which is sekitar 620.000 IDR. Asli murah benerkann... :D
Hotel nya di pinggir jalan besar, Free Wifi, di depan hotel udah ready tuk-tuk yang siap nganter kemana aja, trus di lobby tersedia agent tour & Car Rental..

Day 1
Walopun sampai hotel udah agak malam, gue dan temen2 tetep keluar untuk cari Night Market.. Tawar menawar sama tuk-tuk di depan hotel akhirnya deal dengan harga 200 Bath untuk return! dianterlah kita ke night market di tengah kota, nelusurin jajanan kuliner (mulai dari ice coffee khas Thai, takoyaki & jajanan2 yang gak penting lainnya) serta gak kelewat mampir di lapak-lapak yang jualan ini itu... kita muter2 disitu ada sekitar 1,5-2 jam lebih, abis itu balik lagi ke Hotel untuk istirahat, karena besoknya mau ikut daily tour.. ^^

Day 2
Bangun pagi2 untuk booking tour di lobby hotel, untung masih available. Starting dari jam 09.00 sampai sore. Harga one day tour dihitung 1 mobil (untuk 4 orang), sebesar 1.600 bath sekitar 640.000 IDR. List objek wisata yang dikunjungin :

* Temple Wat Hat Yai Nai
at Temple Wat Hat Yai Nai
    Patung Buddha yang sedang berbaring dengan ukuran besar di dalam sebuah "rumah". Gue dan temen2 hanya memutari 1x dan berfoto dengan latar belakang patung Buddha tersebut. No fee entry memasuki kawasan temple ini.

at Statue of Quan Yin

*  Statue of Quan Yin (atau biasa dikenal dengan Dewi Kwam Im)
    Perjalanan menuju ke Temple Kwam Im ini lumayan jauh, dan agak naik ke puncak. Dari tempat Quan Yin berdiri menghadap ke view kota hat yai dari atas... awesome!

* Phra Buddha Mongkol Maharaj atau Standing Buddha Temple
at Phra Buddha Mongkol Maharaj
Perjalanan dari Quan Yin Statue ke Phra Buddha Mongkol Maharaj masih satu arah.. Jadi kita melanjutkan perjalanan keatas lagi (dengan menggunakan mobil) hehehe... Jalan kaki sebenernya bisa, cuman cuaca panas terik, jadi kita lebih milih untuk naik mobil.. :p Phra Buddha Mongkol Maharaj ini merupakan patung Buddha yang gagah berdiri dan dilapisi warna emas. Tinggi patung Buddha ini mungkin mencapai 20 meter. Dari patung Buddha tersebut berdiri menghadap ke kota Hat Yai. dengan pemandangan yang bagus!

* Hat Yai Cable Car
Hat Yai Cable Car ini berlokasi tidak jauh dari Phra Buddha Mongkol Maharaj, masih satu area. Sayang waktu gue kesitu, Cable Car nya lagi tidak beroperasi, jadilah melewatkan sensasi naik Cable Car dengan Buddha Statue's View..

Hat Yai City's View
* Four Face Buddha
Kalo gue naik Cable Car, gue bisa langsung sampai ke area Four Face Buddha ini. Tapi karena Cable Car nya gak beroperasi, untuk menuju ke area Four Face Buddha ini harus naik mobil lagi. Area four face buddha ini di kelilingi oleh miniature patung2 gajah dari berukuran kecil sampai besar.

* Ice Dome Hat Yai
Pemberhentian selanjutnya Ice Dome, berlokasi dibawah area Four Face Buddha, tapi gue sama temen2 memutuskan gak masuk ke dalam, karena ya cuman main di dalam yang gitu2 aja.. hehehe.. dengan ice balok & lainnya2.. udah banyak ditemuin :D

* Wat Lampor Sleeping Buddha
Sleeping Buddha
dari Ice Dome perjalanan dilanjutkan agak jauh, melewati Hat Yai Bridge menuju patung sleeping buddha located in Ko Yo Island.. Patung Sleeping Buddha di Hat Yai ini lebih bagus & terawat dari yang gue liat di Vientiane, Laos.

Setelah foto2 di Patung Sleeping Buddha kita diajak ke Local restaurant gak jauh dari area tersebut. Makanan Seafood, kita order macem2 pokoknya. dari Ikan, Udang, Kerang, Cumi dll... Hohoho.. kelaperan ceritanya.. pesen ini itu dengan total bill hanya sekitar 1.500-1.600 bath. pokoknya lumayan murah.. ^^
di area restaurant, ada tempat khusus oleh2, makanan2 ringan gitu, jadi sempet beli ini itu dulu untuk oleh2, kaya kacang2an, asinan, dll.. :D

* Trigle
Perjalanan tour di lanjutkan ke daerah Songkhla, Songkhla ini agak lumayan jauh dari Hat Yai City, perjalanan ke Songkhla ini bisa memakan waktu sampai 1 jam.
Tour driver kita menuju ke Trigle, Patung Naga yang menyemburkan air ke laut. karena panasss banget gue cuman turun sebentar doang untuk ngambil foto trus cabut lagi hehehe...

with Golden Mermaid @ Samila Beach
* Samila Beach & Golden Mermaid
Ini final destinantion dari rangkaian tour di hat yai... Samila Beach terkenal dengan Golden Mermaidnya yang terletak di pinggir pantai.. menjelang sore banyak orang yang ngantri untuk berfoto dengan si Golden Mermaid.

Golden mermaid ini jadi icon dari kota Songkhla, kalo udah berfoto disini berarti udah SAH berkunjung ke Thailand Selatan! hohoho...

Perjalanan dilanjutkan kembali ke Hotel... Sampai di Hotel sore dan kita langsung leyeh2 dikamar. Oiya, kulit gue kebakar, panasss banget (sampe berhari2) karena lupa pake Sunblock! Gak nyangka panasnya menyengat bangeettt... hiks...

Abis mandii & leyeh2 di kamar hotel, gue sama temen2 iseng keliling jalan2 di sekitaran hotel, nyari2 pasar malam hehehe... kongkow di ice cream shop lucu, trus nelusurin jalan2 di Hat Yai sampai malam... ^^ Seruuu pokoknya 1 harian dari pagi sampai malam, puasss yang namanya jalan mengeksplore kota hat yai..

Day 3
Waktunya pulangggg... booking airport transfer dari hotel cuman 300 Baht 1 mobil (4 orang). Flight siang, dari Hat Yai International airport menuju ke Kuala Lumpur baru kembali ke Jakarta.
Makan Siang di KLIA2, dan Makan Malam di Jakarta... ^^

Liburan singkattt cuman 4 hari 3 Malam,  dari Penang (Malaysia) trus ke Hat Yai (South Thailand), singkat tapi cukup menyenangkan! ^^
Biaya yang dikeluarkan juga gak banyak2 amat hehehe... cintaaa deh kalo jalan2 ke Asia Tenggara, puas traveling dengan low cost!