Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Selasa, 24 Mei 2016

Japan's Visa Waiver for E-Passport Holders

Mungkin udah banyak yang tau kalo pemegang E-Passport (Elektronik Passport) bisa mendapatkan benefit Visa Waiver (Bebas Visa) ke Negeri Sakura Jepang.

Tahun 2015 lalu, pas banget passport lama gue expired. Pas mau renewal, jadi kepikiran untuk bikin E-Passport aja, tapi koq mahal amat ya? biayanya mencapai Rp. 600.000,-
Setelah kegalauan antara bikin passport biasa atau elektronik, akhirnya memutuskan buat E-Passport.
Gak papa deh mahal, 5 tahun sekali ini. hehehe...

Untuk persyaratan buat Passport baru atau Passport Penggantian sama aja
bisa di cek di website : http://www.imigrasi.go.id/

Nah! Yang mau gue bahas disini bukan cara bikin passport sih hehehe..
Tapi proses pengajuan bebas visa ke Jepang bagi WNI pemegang E-Passport!

Mungkin udah banyak yang tau atau malah sebaliknya yaaaa ada yang belum tauu?? masa siiiih belum tauuu??? seriuuusss??? hehehe
Jadi gini, dari bulan Desember tahun 2014 bagi WNI pemegang E-Passport bisa melakukan registrasi pra-keberangkatan di kedutaan Jepang. Ini merupakan kerjasama antara pemerintah Indonesia & Jepang untuk mendorong pariwisata ke Negeri Sakura tersebut.

Gue baru kemarin ini coba urus sendiri, dan agak takjub aja sih.. ternyata gampang banget hohoho..
Jepang setau gue emang negara yang tingkat kedisiplinannya tinggi bangettt,, itu tercermin dari cara kerja mereka di Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia di Jl. M.H Thamrin.
Untuk pengajuan / apply visa baik yang menggunakan E-Passport atau passport biasa counter dibuka dari Jam 08.30 - 12.00 setiap hari Senin - Jumat (Sabtu - Minggu libur).

Gue dateng sekitar jam 08.00 pagi, mulai antri dari depan kantor kedutaan, tuker KTP/SIM di loket security dengan tanda visitor, melewati bag & body screening, dan ambil nomor antrian di mesin yang sudah disediakan. Untungnya nomor antrian untuk orang biasa dan Travel Agent dibedain, jadi antrian untuk orang biasa yang mau mengurus visa sendiri gak terlalu panjang.
Tirai counter dibuka bener2 jam 08.30 teng, persis,, gak kurang gak lebih.. langsung dimulai dari antrian nomor 01.

Untuk registrasi bebas visa yang menggunakan E-Passport hanya cukup mengisi 1 lembar form (bisa di download di website kedutaan jepang : http://www.id.emb-japan.go.jp/ ) dan membawa passport asli tentu saja.
So simple as that..!! Hanya membutuhkan 2 hari kerja untuk mengetahui pengajuan registrasi bebas visa kita di terima atau di tolak.
hari ini apply, besok siang sudah bisa diambil kembali di loket.
Untuk jam pengambilan passport dimulai dari setelah jam makan siang yaitu Jam 13.30 - 15.00.

Sempet deg2an juga "dapet gak ya bebas visa ke Jepang?" "kalo di tolak, yaudah deh nasib.." pikiran2 kalo lagi deg2an ngurus Visa ya pasti seperti ituuuuh.. hehehe... karena katanya hanya Tuhan dan orang kedutaan yang tau kenapa Visa kita di tolak!! ^^

Dan Alhamdulillah,, ternyata registrasi bebas visa gue di terima!! Uhuuuyy... azeeekk...
Masa berlaku Visa ; 3 Tahun
Durasi masa tinggal ; 15 hari (cukuplah kalo untuk kunjungan wisata)
Biaya ; GRATIS! *sama sekali gak dipungut biaya apapun..
Proses Registrasi ; 2 hari kerja

Tapi ternyata gak semua orang pemegang E-Passport langsung diterima pengajuan bebas visanya.
ya bisa aja di tolak sama kedutaan. "Bagi pemohon Bebas Visa yang tidak dikabulkan permohonannya, harus melakukan permohonan Visa seperti biasa" seperti yang di stated dalam website kedutaan Jepang.

Kadang bukan karena passport nya masih bersih, belum ada cap / stampel imigrasi sama sekali terus langsung di tolak, ada juga pemohon yang termasuk sering traveling keluar negeri, tetap saja koq ditolak permohonan visanya! 

Get the visa and lets enjoy Japan ^^

*) Pemegang Visa Jepang, bisa mendapatkan bebas Visa ke Taiwan juga lhooo...
apply via web dari kedutaan Taiwan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar