Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Senin, 16 Mei 2016

Wisata Kuliner di SURABAYA

Surabaya, merupakan kota yang paling sering gue kunjungi sepanjang tahun 2015.
Dari awal tahun 2015 sampai di penghunjung akhir tahun ini sudah tidak terhitung lagi berapa kali landing di kota Pahlawan tersebut.
Karna seringnya berkunjung, gue akhirnya berkesempatan mencoba berbagai macam kulineran di Surabaya. Gue share ya, ini semua yang pernah gue cobain selama di Surabaya.

1. Rawon Setan (depan JW Marriot)
    Rawon Setan merupakan salah satu makanan khas dari Jawa Timur, semacam soto tapi kuah nya berwarna hitam pekat, dan di dalam nya ada potongan2 daging dan ada campuran tauge nya. Gue sempet nyobain Rawon Setan yang di depan hotel JW Marriot ini, rasanya emang enak dan potongan daging di dalam nya juga besar2 serta empuk. Kuah nya pun sangat berasa. Kalo ke Surabaya jangan sampai melewatkan makanan khas Jawa Timur ini.

2. Nasi Bebek Sinjay (Cab. A. Yani)
Nasi Bebek Sinjay
    Nasi Bebek Sinjay yang pertama kali gue cobain justru yang di Surabaya, tepatnya yang berada di Jl. A. Yani. Gue baru tau kalo ternyata Bebek Sinjay yang berada di ruko petokoan itu merupakan cabang yang dari Bangkalan Madura! Hehehe.. Karna ke Madura cukup jauh, gak papa nyobain Bebek Sinjay yang di Surabaya dulu aja.
Nasi Bebek Sinjay khas Madura ini emang asliiii enak banget, sambel mangga nya yang pedessss bisa bikin loe keringatan pokoknya! Ini salah satu makanan yang gak pernah gue lewatkan kalo ke Surabaya. 1 Porsi Nasi & Bebek harga sekitar 20-25rb rupiah. dengan porsi nasi yang banyak dan daging bebek yang lembut serta sambel yang maknyusss..


3. Soto Ayam Lamongan "Cak Har" (Jl. Ir. Soekarno)
    Soto ayam Cak Har ini merupakan salah satu kuliner terkenal di Surabaya, Gue kesana hari minggu pagi, parkiran di dalam udah penuh, akhirnya parkir diluar. Dan di dalam pun ramai sekali pengunjung, gue menikmati 1 porsi Soto Ayam & Nasi plus tusukan sate ati/jeroan.
Gue dikasih tau, nikmatin soto ayam dengan di campur bubuk koya sampai kuah nya kental karena bubuk koya tersebut, dan ternyata emang maknyusss enaknya!
Koya itu terbuat dari kerupuk udang yang udah dihancurkan. 
Harga 1 porsi berkisar 15rb rupiah kalo gak salah. Silahkan dikunjungi bagi pencinta soto ayam.

4. Seafood Layar (Jl. Manyar)
    Waktu di Surabaya, dapet undangan dari seorang Ibu Notaris ngajak makan seafood. Dan ternyata resto seafood tersebut merupakan salah satu resto seafood yang terkenal di Surabaya! Gue waktu kesana pas makan malam, lumayan ramai pengunjung. Kita order semua jenis seafood, dari Kepiting, Ikan, Kerang, Udang, Cumi, dsbnya.. hahaha... Yang paling the best itu Kepiting Telur Asin nya.. mantabbb banget!! untuk harga, yah standard lah, hampir sama dengan harga seafood di Bandar Djakarta, Jakarta. Kaya Udang harga /ons nya mulai dari 39-50rb, Ikan Gurame sekitar 70rb /ekor, King Crab (Alaska Hitam) bisa mencapai 185rb/ons-nya. Dan temen2 gue jadi ketagihan makan disini, kalo ke Surabaya selalu ada yang ngajak makan di Seafood Layar ini.

at Warung Pojok (WAPO)
5. Warung Pojok (WAPO) Jl. Airlangga, Surabaya.
    Dapet referensi tempat makan dari temen yang tinggal di Surabaya, nyobain ke Wapo alias Warung Pojok, karena bangunannya yang terletak di pojok Jl. Airlangga, Surabaya. Resto yang terdiri dari 2 lantai tersebut lumayan ramai pengunjung, pas gue liat menu nya, harga nya termasuk murah untuk ukuran resto yang lumayan besar tersebut.

Wapo menyajikan menu dari masakan khas indonesia, chinese, sampai western.
Harga untuk nasi goreng untuk 1 porsi hanya sekitar 15-20rb dengan porsi yang sangattttt banyakkkkkkk (bisa buat 2 orang menurut gue).
Dan harga untuk Steak Sirloin dengan French Fries hanya sekitar 50-60rb. Silahkan di coba ^^

6. Bon Cafe (Jl. Pregolan)
    Pengen makanan yang lebih berkelas dengan harga yang relatif murah? Gue ke Bon Cafe di daerah Jl. Pregolan untuk nyobain Steak nya! Bon Cafe ini merupakan salah satu Steak House yang legendaris di Surabaya, memiliki sampai 5 cabang yang tersebar di Surabaya. Untuk Harga menurut gue termasuk murah, harga untuk 1 porsi Steak Sirloin hanya berkisar 70-80rb rupiah. Dengan design ruangan yang rapih & bersih, cocok buat family dinner atau makan2 santai dengan teman.
Sebelum hidangan utama Steak dikeluarkan, kita disuguhkan roti dengan butter special secara gratis. Gue 3x ke Bon Cafe ini, dan yang menjadi menu favorite gue Steak Sirloin dengan Black pepper Sauce yang disiram diatasnya... hmmm.. yummyy!
Dengan harga yang relatif murah dan pelayanan yang oke, dijamin gak bakalan nyesel nyobain steak house legend di Surabaya ini!

7. Kepiting Cak Gundul 1992 (Jl. Kupang Indah)
    Satu lagi resto seafood yang terkenal di Surabaya, Kepiting Cak Gundul!! Gue nyobain yang di Jl. Kupang Indah. Kepiting disitu the best pokoknya! Harga untuk King Crab sekitar 30rb/ons. Gue waktu itu pesen 2 porsi kepiting Jumbo untuk disantap 4 orang! ditambah dengan cumi goreng tepung & sayur cah kangkung, waaahh maknyuuss banget! Makan di Kepiting Cak Gundul per orang bisa kena 100-150rb rupiah. Cuman makan di sini tempat nya agak kecil, gue waktu di lantai bawah, dan ngerasa tempatnya agak sempit.

8. All U Can Eat di Hotel Bumi Surabaya.
    Dapet undangan makan malam dari bapak notaris di Surabaya. Beliau mengundang dinner di Hotel Bumi Surabaya, dulu ternyata bernama Hotel Hyatt Surabaya.
Di dalam Hotel Bumi Surabaya ini terdapat 3 buah Restaurant, Arumanis (Western and Oriental food), Kizahashi (Japanese food) and Siti Inggil (Indonesian traditional food).
Harga untuk 1 orang berkisar kurang lebih IDR 180.000,- s.d 200.000,- tapi kita bisa enjoy menikmati seluruh hidangan dari 3 buah restaurant tersebut. Waaaaw! Isn't cool? and super cheap untuk ukuran sekelas Hotel Bumi Surabaya. Tempat duduk pun bisa memilih area Outdoor garden dengan suasana malam yang asik kalo bersama teman2, atau area Indoor untuk family dinner yang ingin suasana tidak terlalu ramai. Gue bolak balik ke area Japanese food, hidangan dari Sushi, Sashimi atau goreng2an Tempura the best, karna all u can eat, jadi rugi kalo tidak dicicipi semua. hehehe... :D
Selama di Surabaya, sudah 2x gue diajak dinner di sini. Thanks for the experienced!
Kalo ke Surabaya, apalagi bersama keluarga, jangan lewatkan makan di Hotel Bumi Surabaya.

9. Nasi Udang Empal Bu Rudy, Jl. Dharmahusada 140, Surabaya
    Salah satu kulineran yang terkenal di Surabaya dan wajib di coba! Gue selalu order untuk makan siang. 1 box terisi dari nasi, empal, udang kering dan sambel bu rudy yang tentunya terkenal dimana2. maknyuuuss banget kalo dimakan masih dalam kondisi hangat.
harga untuk 1 box nasi berkisar sekitar 20rb - 25rb tergantung dari pilihan isinya. ada nasi udang empal + Telor atau nasi udang empal + Sayur Asin, banyak menu yang di tawarkan di Depot Bu Rudy. Gue pernah mampir pas siang hari, kondisi di Depot Bu Rudy benar2 ramaiiiii dengan pengunjung. rata2 pengunjung membeli Sambel Bu Rudy untuk dibawa pulang atau bahkan untuk oleh2. Sambel Bu Rudy sudah di packing dalam botol2 kecil dan tertutup rapat, sehingga aman jika dibawa untuk berpergian jauh. Setau gue sih ada berapa jenis sambel yang dijual, kaya Sambel Bawang, Sambel Peda/Ijo dan Sambel Bajak/Terasi. Untuk harga berkisar dari IDR 17.500,- s.d IDR 20.000,- untuk 1 botol sambel. gue biasanya beli sambel bawang (tutup warna kuning) untuk dibawa pulang ke Jakarta, kebetulan nyokap gue doyan dengan sambel ini.
Setau gue skrg Depot Bu Rudy menjual sambel paket dengan udang kering. harga sekitar 28rb sudah dapat 1 botol sambel + udang kering kecil, kalo yang doyan dengan udang kering bisa dicoba pilihan paket dari Depot Bu Rudy ini.

10. Ice Cream Shop ZANGRANDI
    kalo di Jakarta ice cream shop yang terkenal salah satunya Ragusa, kalo di Surabaya yang terkenal namanya Zangrandi, jangan sampai melewatkan berkunjung ke sini kalo lagi di Surabaya. Gue pertama kali nyobain yang di sebrang Balai Kota Surabaya. Tempatnya di pinggir jalan raya, kalo bawa mobil agak bingung emang parkir dimana, karna space parkirnya juga gak terlalu besar. Kalo naik Taxi, seluruh supir taxi di Surabaya pasti tau letak Zangrandi ini. :D
Untuk dari segi hidangan bervariatif, ada yang hanya ice cream potong sampai hidangan ice cream yang lucu2 dan unik, seperti Noodle Ice Cream dan juga berbagai macam minuman2 yang bikin ngeces. untuk harga starting 20rb untuk 1 bh Ice Cream potong sampai 36rb untuk noodle ice cream.
Ternyata selain di sebrang Balai Kota ini, Zangrandi bisa dijumpai di mal2 Surabaya, seperti SUTOS (Surabaya Town Square).

11. Martabak Terang Bulan 93, Surabaya (Jl. Raya Kupang Indah)
     Gue itu suka banget dengan yang namanya Martabak. Sebelum mencoba Martabak Terang Bulan 93 di Surabaya ini, Martabak Favorite gue yaitu Martabak 65A di daerah Pecenongan, Jakarta. di Jakarta itu merupakan Martabak paling the best menurut gue. tapi setelah kulineran di Surabaya, dan mencoba Martabak Terang Bulan 93 ini, gue jadi pindah ke lain hati. hahaha... #halah.
Martabak Pecenongan 65A turun di posisi ke 2, tergantikan oleh Martabak Terang Bulan 93 Surabaya.
Gue tau tentang Martabak ini dari temen yang udah mencoba terlebih dahulu, penasaran langsung cusss naik Taxi ke daerah Kupang Indah. Jangan kaget liat antriannya, gue antri selama 1,5 jam cuman untuk beli Martabak ini doang. hahaha.. niat banget kan.
Mereka buka dari Jam 16.00 dan itu pun sudah ramai orang mengantri, mulai masak dari jam 17.00 dan last order jam 22.00. Oiya hari Senin setau gue mereka Tutup. Untuk update nya gue juga kurang tau ya sekarang2 ini.
Best Seller nya yaitu Martabak Red Velvet +  Cream Cheese + Oreo dijual dengan harga IDR 110.000,- untuk 1 loyang besar.  Asliiiii, itu juga yang jadi selalu pilihan gue kalo beli disana. Gue udah pernah coba Martabak Black Forrest + Cream Cheese + Oreo atau Martabak Green tea + Ovomaltine, tapi rasanya gak ada yang menandingi Si Red Velvet + Cream Cheese + Oreo.!! hahaha...
Untuk adonannya : original, pandan (Green tea), Black Forrest, Red Velvet
Untuk pilihan Selai nya : Ovomaltin, Nutella, Skippy, Cream Cheese
trus untuk Topping Tambahan : KitKat, Oreo
Gue kurang update kalo misalnya ada Topping Tambahan atau mereka jual varians baru, karena di tahun 2016 ini gue udah jarang ke Surabaya.

12. Almond Crispy Cheese, Wisata Rasa.
      Jangan bingung mau bawa oleh2 apa kalo dari Surabaya, selain oleh2 sambel Bu Rudy yang biasanya di titipin oleh ibu2, ada Almond Crispy Cheese dari Wisata Rasa yang bisa jadi pilihan lain.
Wisata rasa ini ada beberapa cabang di Surabaya, salah satunya daerah Jemursari (Jl. Jemur Sari no. 164) atau di daerah Genteng Besar (Jl Genteng Besar no. 83 A). Gue udah berkunjung ke 2 tempat wisata rasa ini.
Untuk varians Almond Crispy ini setau gue cuman ada
1. Kotak warna Coklat (Almond Choco Cheese)
2. Kotak warna Hijau (Almond Green Tea)
3. Kotak warna Biru (Almond Crispy Cheese/Original).
Harga per kotak starting IDR 40.000,- silahkan diborongggg ^^

13. Kue Lapis Spikoe, Surabaya
      Spikoe merupakan kue lapis lezat yang cukup terkenal di Surabaya. Kue Lapis Spikoe ini terdiri dari tiga lapis yaitu kuning-cokelat-kuning dengan rasa manis dan bertekstur sangat lembut. Kalo sekalinya nyoba bikin ketagihan pokoknya. Kue Lapis Spikoe ini merupakan pengembangan bisnis keluarga dan menggunakan resep keluarga turun menurun.
kalo mau berkunjung, mereka buka setiap hari dari Senin - Minggu dari jam 07.00am - 20.00pm.
di alamat Jl. Rungkut Madya 41, Surabaya 60293.
ada berbagai banyak pilihan yang disajikan, seperti Spikoe Raisin, Spikoe Tanpa Kismis atau Spikoe Prunes. Untuk harga tergantung dari pilihan ukurannya, ada yang Reguler dan Special, starting IDR 75.000,- s.d IDR 270.000,- untuk lebih komplitnya silahkan kunjungi langsung web dari Spikoe : http://spikoeresepkuno.com/products.html.
Selamat mencoba kue lapis yang terkenal di Surabaya~

14. Brownies Libby
      Mungkin belum banyak orang yang tau tentang brownies Libby ini, gue pun tau langsung dari kakak Sepupu yang kebetulan pernah tinggal di Surabaya. dari titipan kakak sepupu yang minta dibawain Libby, gue browsing lah, apaan sih brownies libby ini, kayanya sama aja dengan brownies2 lainnya.. tapi pas buka web nyaa.... hmmmm... langsung ngecesss, karna pengen semuanya!! hahaha...
Brownies libby ini, di Surabaya mereka mempunyai beberapa cabang, pusatnya di Jl. Raya Gubeng (kalo gak salah pusatnya disitu), gue waktu itu berkunjung ke Libby Brownies yang di Jl. Raya Margorejo Indah, karena kebetulan dekat dengan Hotel.
Opening hours : 07.00 - 20.00, dan mereka mempunyai jasa delivery dikenakan charge sekitar IDR 15.000,- untuk 1x pengantaran.
Favorite gue itu Fondue Cheese Brownies, seharga IDR 100.000,- pas pertama dalam hati gue, koq mahal amat sih nih brownies, dengan ukuran yang gak besar2 amat. trus iseng ngobrol sama kasirnya, tanya ini buatan mana? lokal apa gmn? katanya lokal, tapi material / bahan2 brownies di import dari Amerika. Wooow... jauh ajaa... pantesan mahal. Tapi sekali coba, awas ketagihan!!! hahahaha...
Fondue Cheese Brownies ini, isi di dalamnya cheese, lebih enak kalo habis di microwave, cheese nya langsung melt. di lidah pun langsung berasa bedanya dengan brownies2 lain..  hohoho... suer deh.. gue rata2 udah nyobain Brownies yang ada di Libby ini, dari Fondue Cheese Brownies, ada juga Fondue Choco Brownies & Fondue Black Forrest sampai Cheese Cake Brownies yang di dalam brownies nya ada potongan keju kotak-kotak kecil. ENAK!! hehehe.. Must Try kalo lagi di Surabaya.
mereka juga jual brownies dari material local lhooo, namanya FRIEND PACK Brownies harga nya IDR 45.000,- biasanya mereka jual paket IDR 110.000,- untuk 3 kotak brownies bisa di combined dengan berbagai jenis seperti Chocolate Brownies, Cosmic Brownies & Cheese Brownies.
Selamat mencoba ^^

Bahasan diatas merupakan pengalaman pribadi gue mencoba semua kulineran di Surabaya. ada yang gue belum sempet coba selama disana seperti Bakso Jagalan yang katanya cukup terkenal, atau ke Warung Padin yang katanya buka 24 jam dan ramai dikunjungi orang2. dan mungkin banyak kulineran lainnya yang gue belum tau dan belum sempat disinggahi, mudah2an bisa balik kulineran di kota Surabaya lagi.. :))




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar