Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Rabu, 11 November 2015

Hiking di Dragon's Back, Hong Kong

Pernah dengar Dragon's Back? Gue pertama kali dengar dari teman kantor dan langsung masuk ke daftar itinerary perjalanan gue ke Hongkong.

First time ke HKG gue excited karna plan hiking di Hongkong Trail. Perjalanan Hiking menempuh jarak sekitar 8,5 km, dan memakan waktu kurang lebih 6 jam.

Dari hotel kita (gue ber6 orang sama teman2) berangkat sekitar jam 9 pagi, menuju ke terminal bus Shau Kei Wan dan lanjut menggunakan bus ke To Tei Wan, Shek O Road. Biaya bus untuk 1x jalan sekitar 8hkd, bisa menggunakan Octopus Card atau cash.

Perjalanan dimulai dari starting point To Tei Wan, Shek O Road menuju ke Dragon's Back dan berakhir / end point di Big Wave Bay.

Ini pertama kali gue hiking untuk jarak yang lumayan jauh, rasanya pengen nyerah.. hahaha... pas 30 menit pertama yang sangattttt melelahkan, karna kita harus menaiki anak tangga satu per satu. fiuh... berhenti untuk istirahat dan photo2, lalu lanjut lagi.

First stop. HKG amazing view!
Tapi setelah sampai ke atas, rasanya worth it banget, HKG best view pokoknya! setelah menempuh perjalanan 1,5 jam lebih, baru kita menemukan jalan datar walaupun medannya tanah & bebatuan, disarankan memakai sepatu keds. supaya gak sakit kalo nginjek2 batu.

2nd Stop.
Selama hiking ke Dragon's Back ini gak ada toilet. toilet available pas di starting point dan ada lagi sekitar jarak 4-5km.

Gak ada yang jualan makanan or minuman diatas sana! Jadi stock cemilan dan air minum secukupnya.. Gue gak banyak minum supaya gak pengen ke toilet juga sih! xixixi..

Menurut Wikipedia, pada tahun 2004, Dragon's Back di nobatkan oleh TIME Asia sebagai Best Urban Hiking Trail.

Diatas gue banyak ketemu penduduk lokal Hongkong, kebanyakan justru orang2 lansia yang udah tua2. Salut gue mereka masih kuat & semangat hiking di atas Dragon's Back. Setiap kita berpapasan, mereka akan menyapa "haloo.." jadi bikin kita juga jadi semangat untuk meneruskan perjalanan.

at Dragon's Back
Sampai di tempat tujuan, Dragon's Back! kita takes time buat foto2 and enjoy the view.. dan sempat berkenalan dengan solo traveler asal germany.

Pokoknya kalo loe ke Hongkong, jangan melewatkan kesempatan untuk hiking di Dragon's Back ini. Emang sih kalo kesini loe harus meluangkan waktu paling nggak 1 harian.

Gue sama teman2 meneruskan perjalanan sampai end point ke Big Wave Bay. Sebenarnya bisa aja kalo loe potong rute untuk kembali ke Shek O Road dan pulang menggunakan bus. Tapi kita masih pengen lanjut dan penasaran sampai mana ending nya. Hohoho...

at Dragon's Back
Kebetulan medannya udah gak begitu berat seperti diawal. hanya menelusuri jalan bebatuan dan hutan belantara.

What a unforgettable moment! dan jadi self achievement buat diri sendiri juga. "ternyata gue kuat juga hiking segini jauh.." hahaha...

Hiking ke Dragon's Back ini merupakan perjalanan yang murah meriah,, tidak mengeluarkan cost sama sekali kecuali untuk bus!

Dragon's Back
Silahkan buat teman2 di browsing2 mengenai Dragon's Back. dan selamat menikmati berpetualang di negeri Hong Kong and enjoy the other side of Hong Kong!

Want to enjoy Hong Kong with a different ways? go to Dragon's Back! ^^

Hong Kong Trail

Senin, 11 Mei 2015

BIGBANG 2015 WORLD TOUR IN SINGAPORE

BIGBANG 2015 WORLD TOUR [MADE] IN SINGAPORE

BIGBANG is set to make a magnificent return to their fans in Singapore on 18 & 19 July at the Indoor Stadium with “BIGBANG 2015 WORLD TOUR [MADE] IN SINGAPORE .”

After a long hiatus, BIGBANG’s comeback with the world tour and brand new songs is creating quite a stir among fans. The artist will meet fans with its again unprecedented production value. An international teamwork of world-class experts will make a mind-blowing spectacle of lighting and visual. Their first successful world tour “BIGBANG ALIVE TOUR 2012” attracted 800,000 audiences in 24 cities and 12 countries through 49 incredible shows. Their two Singapore shows at the Indoor Stadium were sold out quickly.

Singapore fans have been eagerly awaiting the chance to witness this spectacular event, so book your tickets NOW before they’re all sold out!

BIGBANG 2015 WORLD TOUR [MADE] IN SINGAPORE is jointly promoted by ONE Production and Live Nation Lushington, and presented by YG Entertainment and Live Nation Korea.

Limited VIP Packages include:

- (Seated) Soundcheck pass, VIP laminate and merchandise item
- (Standing) Soundcheck pass, VIP laminate, merchandise item and priority entry

All prices reflected include GST and exclude booking fee.
Booking fee for tickets S$30.01 and above: S$4.00 per ticket.

*Children under 12 are not allowed into the standing areas. For more information, please visit the Admission Policy tab.
​​​​​​​​​​​​​
All information is correct at the time of publishing but subject to change. ​​​​​​​​​​​​​​​​
More info : http://www.sportshub.com.sg/sportshubtix/Pages/BigBang2015.aspx

​​​​​​​

Minggu, 10 Mei 2015

Wisata Bromo, Jawa Timur

Tgl 01 May kemarin merupakan hari libur nasional untuk memperingati Hari Buruh di Dunia.
Buat employee kaya gue pas banget buat holiday karna tanggal merah jatuh pada hari Jumat, and we called "Long Weekend"!! ^^ Bisa jalan2 tanpa mengurangi jatah cuti. Liburan 3 hari cukuplah untuk liburan lokal. Dan long weekend ini gue mau ke Gn. BROMO!! ^^

Perjalanan ke Gn. Bromo di mulai dari Bandara Intl Juanda. Dari Bandara Juanda gue naik mobil travel untuk menuju ke Malang. Loe bisa browsing2 untuk travel ke Malang ini, di Internet banyak jasa yang menawarkan, atau kalo gak sempet browsing di Bandara Juanda juga banyak supir2 yang berkeliaran dengan kode "malang... malang..." hehehe... Range harga untuk travel ke Malang ini sekitar Rp 85.000,- s/d Rp. 100.000,- pinter2 nawar aja sih.

Makan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di Kota Malang, gue stay di Hotel Grand Palace, di Jl. Ade Irma Suryani. Harga permalam di hotel ini Rp. 412.500,- via booking.com. Setelah check in & menaroh barang2 dikamar gue keluar untuk cari makan.

Naik taksi dari hotel menuju ke Bakso President, jarak dari hotel gak begitu jauh paling sekitar 15 menit. Bakso President ini salah satu kuliner yang terkenal di kota Malang, terletak di pinggir rel kereta api. Pas gue sampe di sana, antrian panjangggggg sekaliiii... tapi udah jauh2 kesini, masa pulang?? akhirnya ikut ngantri dan 40 menit kemudian baru bisa menikmati Bakso Malang yang terkenal ini. Paling enak itu Bakso Bakarnya, 1 Tusuk isi 4 bh Bakso dengan harga Rp. 10.000,-/tusuk, bumbunya berasa bgt, pokoknya salah satu menu wajib yg harus dipesan! ^^ Setelah selesai menikmati Bakso President, gue pulang ke hotel untuk siap2 perjalanan ke Gn Bromo malamnya.

Perjalanan ke Bromo gue ambil paket wisata dari nusantaratrip.com. mereka punya promo open trip untuk weekend or long weekend dates! only Rp. 350.000,-/orang. Untuk booking tour kita harus membayar DP 20% yaitu sebesar Rp. 70.000,- open trip ini digabung dengan peserta lain. tapi kalo kita mau private tour, nusantaratrip.com juga bisa menyediakan dengan minimal peserta 6 orang.

Berikut Itinerary dari Nusantara trip :
23.30-00.00 Peserta dijemput di Meeting Poin yang ditentukan peserta
00.00-02.30 Perjalanan Menuju Pos Bromo Wonokitri
02.30-03.30 Persiapan Naik Jeep di Pos Bromo Wonokitri
03.30-04.00 Perjalanan Menuju Puncak Penanjakan 1 ( melihat Sunrise ) dgn Jeep
04.00-05.30 Kegiatan di Penanjakan 1
05.30-06.30 Kembali Ke Jeep & Melanjutkan Perjalanan Menuju Padang Savana/Bukit Teletubbies
06.30-07.30 Kegiatan di Padang Savana

3. Tiket Masuk Wisata Taman Nasional Bromo tengger
4. Makan 1 x Prasmanan / Box
5. Sopir/Lokal Guide

Jam 23.00 gue dijemput di hotel, kebetulan gue ber4 orang sama temen gue, jadi sekalian di jemputnya, pake elf yang muat 14 orang dan itu penuh. Jam 02.30 sampai di Pos Wonokitri untuk persiapan naik Jeep ke Penanjakan 1 liat Sunrise. Mulai deh berasa dingin, pake jaket dan atribut lainnya.
Naik jeep kapasitas 6 orang, baru kita naik ke Penanjakan 1. Jeep berenti sekitar jarak 1-2km dari Penanjakan 1, jam 03.30 pagi disuruh jalan kaki, hahaha... gue akhirnya naik ojeg, bayar 15rb/orang sampai ke posko bawah Puncak Penanjakan 1. Setelah itu kita diatas cari spot yang bagus untuk ngeliat Sunrise, berhubung pas gue kesana rame banggeeettt jadi ya agak berebut spotnya.

View from Penanjakan 1
Jam 05.00 matahari mulai keluar, semua orang udah standby dengan camera masing2 untuk mengabadikan moment tesebut. What a beautiful view... benar2 indah anugerah dari Allah SWT kepada bumi Indonesia.. :) Sayang kabut masih tebal, jadi puncak gunung semeru kurang begitu keliatan.

Jam 05.45 setelah puas menikmati pemandangan dari atas Penanjakan lalu kita kembali turun ke Jeep, kalo pulangnya gue jalan kaki... hehehe... karna jalanan menurun. ^^

Dari atas Penanjakan di mulai antrian jeep untuk turun ke lokasi berikutnya. kalo gue itung2 itu ada berapa ratus jeep ya, bisa sampai 200-250bh mobil jeep yang mengangkut wisatawan ke atas. Pulangnya terjadi antrian panjangggg, sampai gue kaya nya ketiduran.. hahaha... dan tiba2 sudah sampai di lokasi Pasir Berbisik. Lautan pasir sepanjang mata memandang... wooow... disini kita sempet berenti sebentar untuk foto2 sebelum melanjukan perjalanan ke Padang Savana atau Bukit Teletubbies.
Pasir Berbisik

Setelah off road di atas padang pasir, rombongan jeep menuju Padang Savana atau Bukit Teletubbies. pemandangannya 360 derajat terbalik dengan sebelumnya, sebelumnya hanya melihat padang pasir, sekarang disuguhkan hijaunya bukit2 dan biru nya langit. nice view! ^^

Heading to Bukit Teletubbies

Kenapa di bilang Bukit Teletubbies? mungkin karena hijaunya bukit-bukit yang ada disini sama persis dengan acara Teletubbies yang ada di TV. hehehe...
Disini kita berenti untuk mengambil foto, bahkan gue sempet breakfast disini! hahaha... laper euyy..
Menikmati pop mie goreng dengan pemandangan bukit-bukit hijau. ^^

Bukit Teletubbies ini merupakan lokasi ke 3, dari 4 lokasi yang terdapat di Itinerary. Setelah itu kita menuju lokasi terakhir, ke Kawah Gn Bromo. Perjalanan dari Bukit Teletubbies ke Kawah Gn Bromo menggunakan jeep paling sekitar 15 menit. Setelah itu Jeep berhenti supaya peserta bisa berjalan kaki atau naik kuda untuk menuju ke Kawah Gn Bromo tersebut.

Ngomong2 naik Kuda, pas jeep gue berenti, banyak tukang Kuda yang menawarkan untuk dianter ke atas sampai ke tangga kawah gunung bromo, dan mereka minta Rp. 250rb untuk perjalanan return! Zzzzzz.... mahal ajaa... ogahh gue! Akhirnya memutuskan untuk berjalan kaki. hehehe... dan setelah berjalan kaki berapa ratus meter, ada tukang kuda yang nyamperin dan mereka minta Rp. 50.000,- untuk one way sampai ke tangga kawah. Gokil!! Abang2 kuda yang sebelumnya bener2 niatttt ngambil untungnya, mungkin krn rame kali yaaa...

Tapi walopun di tawarin murah gue tetep memutuskan jalan kaki, dan semakin keatas abang2 kuda tersebut ada yang minta cuman Rp. 25.000,- /orang. Woow... Sooo... tips nya kalo mau naik kuda mulai dari pura/setelahnya dijamin dapet murah! ^^

Dibawah Tangga Kawah Gn. Bromo
Perjalanan ke atas kawah Gn Bromo ini bener2 perjuangan dehh... ada kali 2 km dan itu menanjak!! Gue jujur berenti2, gak kuat kalo bener2 langsung cusss jalan kaki sampai atas. hehehe... Jangan syedihh setelah perjalanan menanjak kita harus naik anak tangga lagi yang konon katanya 250bh anak tangga (tapi menurut gue kayanya lebih dehh... hehehe, gak sempet ngitung juga karna keabisan napas!)

setiap 50 anak tangga (kayanya) disediain tempat untuk beristirahat, jadi bisa minggir dulu tanpa ngeganggu orang2 yang mau naik keatas.

dann akhirnyaaa gue sampai juga di atas kawah gn. bromo. ngeliat view kebawah dari atas kawah bener2 wooow... hehe.. di dalam kawah kaya ada belerang2 keluar asap gitu... foto2 sekitar 15-20 menit trus kita turun lagi... hehehe (udah susah2 naiknya padahal), perjalanan turun ke bawah ditawarin naik kuda Rp. 30.000,- sampai ke jeep, tapi gue tetep kekeuh mau jalan kaki, lagi perjalanan menurun kan lebih cepet dan gak capek ^^ kembali ke rombongan di jeep dan selesai sudah perjalanan ke 4 lokasi gunung bromo. Perjalanan dilanjutkan kembali ke Pos Wonikitri sekitar pukul 11.00-11.30. sebelum pulang ke Malang disediakan makan siang di dalam rumah homestay. Baru setelah itu diantar kembali ke hotel masing2 di Malang. :))

Demikian cerita saya menjelajahi Gn. Bromo.. ^^ what a beautiful view... MUST VISIT PLACE!!

See yaaa on other traveling story! ^^

Cost yang gue keluarin :
                                                                    Rp. 1.007.500,-

Senin, 20 April 2015

HAT YAI, SOUTH THAILAND

Masih lanjutan dari cerita overland trip dari Penang (Malaysia) ke Hat Yai (South Thailand)...

Ini yang namanya kelakuan iseng traveler, hahaha... Gak bisa liat celah dikit main ke negara sebelah langsung deh cuuusss... Gue sebelumnya udah observasi kalo mau dari Penang trus ke Hat Yai gimana caranya... ternyataaaaaa emang lumayan deket  naik mini van, sekitar 4 jam.

Dari Georgetown, lebih tepatnya deket sama Terminal Bus Komtar, disekitaran situ banyak counter2 travel agent yang ngejual tiket bus, mini van dan lain2 untuk overland..
1 hari sebelumnya gue reservasi tiket untuk ke Hat Yai 4 orang. Harga tiket untuk naik mini van tersebut sebesar 35 RM /orang. 1 hari cuman ada 4 kali keberangkatan untuk ke Hat Yai (Jam 05.00, 08.30, 12.00 dan last van 15.30) gue sama temen2 ambil keberangkatan terakhir, jam 15.30 dari Georgetown.

Jam 3 udah standby di counter tour&travel agent, setelah itu kita naik mini van (lumayan gede untuk 10 sampai 11 orang) dan cuuusss berangkat! Hat Yai... we are coming!! :D selama perjalanan gue & temen2 tidurrr... hehehe tapi tetep aja kebangun2 sihh.. dan tau2 udah sampaii di perbatasan imigrasi..

hmm.. imigrasi darat emang selalu rempong sihh.. dan gak tau kenapa giliran gue maju untuk stamp petugas imigrasinya minta duit 2 RM. *gak jelas untuk apa* tapi giliran temen2 gue gak dimintain! Zzzz... trus kita di mintain 2 RM lagi sama pak driver anggep aja untuk kartu imigrasi katanya. (padahal mah kartu imigrasi kan gratis)

dari perbatasan lanjut perjalanan, dan kita dianter langsung ke Tune Hotel Hat Yai.. lumayan gak PR musti naik tuk2 untuk ke Hotel. Sampai di Tune Hotel itu sekitar jam 18.30 - 19.00 kalo gak salah, trus langsung check in, leyeh2 di kamar deh.. ^^

Tune Hotel Hat Yai ini lumayan recommend.. biasanya Tune Hotel kamarnya kecil & lumayan sempit, tapi untuk yang di Hat Yai ini, kamarnya luassss banget! dan murah! #penting harga untuk 2 malam di hotel ini sekitar 1.546 Bath which is sekitar 620.000 IDR. Asli murah benerkann... :D
Hotel nya di pinggir jalan besar, Free Wifi, di depan hotel udah ready tuk-tuk yang siap nganter kemana aja, trus di lobby tersedia agent tour & Car Rental..

Day 1
Walopun sampai hotel udah agak malam, gue dan temen2 tetep keluar untuk cari Night Market.. Tawar menawar sama tuk-tuk di depan hotel akhirnya deal dengan harga 200 Bath untuk return! dianterlah kita ke night market di tengah kota, nelusurin jajanan kuliner (mulai dari ice coffee khas Thai, takoyaki & jajanan2 yang gak penting lainnya) serta gak kelewat mampir di lapak-lapak yang jualan ini itu... kita muter2 disitu ada sekitar 1,5-2 jam lebih, abis itu balik lagi ke Hotel untuk istirahat, karena besoknya mau ikut daily tour.. ^^

Day 2
Bangun pagi2 untuk booking tour di lobby hotel, untung masih available. Starting dari jam 09.00 sampai sore. Harga one day tour dihitung 1 mobil (untuk 4 orang), sebesar 1.600 bath sekitar 640.000 IDR. List objek wisata yang dikunjungin :

* Temple Wat Hat Yai Nai
at Temple Wat Hat Yai Nai
    Patung Buddha yang sedang berbaring dengan ukuran besar di dalam sebuah "rumah". Gue dan temen2 hanya memutari 1x dan berfoto dengan latar belakang patung Buddha tersebut. No fee entry memasuki kawasan temple ini.

at Statue of Quan Yin

*  Statue of Quan Yin (atau biasa dikenal dengan Dewi Kwam Im)
    Perjalanan menuju ke Temple Kwam Im ini lumayan jauh, dan agak naik ke puncak. Dari tempat Quan Yin berdiri menghadap ke view kota hat yai dari atas... awesome!

* Phra Buddha Mongkol Maharaj atau Standing Buddha Temple
at Phra Buddha Mongkol Maharaj
Perjalanan dari Quan Yin Statue ke Phra Buddha Mongkol Maharaj masih satu arah.. Jadi kita melanjutkan perjalanan keatas lagi (dengan menggunakan mobil) hehehe... Jalan kaki sebenernya bisa, cuman cuaca panas terik, jadi kita lebih milih untuk naik mobil.. :p Phra Buddha Mongkol Maharaj ini merupakan patung Buddha yang gagah berdiri dan dilapisi warna emas. Tinggi patung Buddha ini mungkin mencapai 20 meter. Dari patung Buddha tersebut berdiri menghadap ke kota Hat Yai. dengan pemandangan yang bagus!

* Hat Yai Cable Car
Hat Yai Cable Car ini berlokasi tidak jauh dari Phra Buddha Mongkol Maharaj, masih satu area. Sayang waktu gue kesitu, Cable Car nya lagi tidak beroperasi, jadilah melewatkan sensasi naik Cable Car dengan Buddha Statue's View..

Hat Yai City's View
* Four Face Buddha
Kalo gue naik Cable Car, gue bisa langsung sampai ke area Four Face Buddha ini. Tapi karena Cable Car nya gak beroperasi, untuk menuju ke area Four Face Buddha ini harus naik mobil lagi. Area four face buddha ini di kelilingi oleh miniature patung2 gajah dari berukuran kecil sampai besar.

* Ice Dome Hat Yai
Pemberhentian selanjutnya Ice Dome, berlokasi dibawah area Four Face Buddha, tapi gue sama temen2 memutuskan gak masuk ke dalam, karena ya cuman main di dalam yang gitu2 aja.. hehehe.. dengan ice balok & lainnya2.. udah banyak ditemuin :D

* Wat Lampor Sleeping Buddha
Sleeping Buddha
dari Ice Dome perjalanan dilanjutkan agak jauh, melewati Hat Yai Bridge menuju patung sleeping buddha located in Ko Yo Island.. Patung Sleeping Buddha di Hat Yai ini lebih bagus & terawat dari yang gue liat di Vientiane, Laos.

Setelah foto2 di Patung Sleeping Buddha kita diajak ke Local restaurant gak jauh dari area tersebut. Makanan Seafood, kita order macem2 pokoknya. dari Ikan, Udang, Kerang, Cumi dll... Hohoho.. kelaperan ceritanya.. pesen ini itu dengan total bill hanya sekitar 1.500-1.600 bath. pokoknya lumayan murah.. ^^
di area restaurant, ada tempat khusus oleh2, makanan2 ringan gitu, jadi sempet beli ini itu dulu untuk oleh2, kaya kacang2an, asinan, dll.. :D

* Trigle
Perjalanan tour di lanjutkan ke daerah Songkhla, Songkhla ini agak lumayan jauh dari Hat Yai City, perjalanan ke Songkhla ini bisa memakan waktu sampai 1 jam.
Tour driver kita menuju ke Trigle, Patung Naga yang menyemburkan air ke laut. karena panasss banget gue cuman turun sebentar doang untuk ngambil foto trus cabut lagi hehehe...

with Golden Mermaid @ Samila Beach
* Samila Beach & Golden Mermaid
Ini final destinantion dari rangkaian tour di hat yai... Samila Beach terkenal dengan Golden Mermaidnya yang terletak di pinggir pantai.. menjelang sore banyak orang yang ngantri untuk berfoto dengan si Golden Mermaid.

Golden mermaid ini jadi icon dari kota Songkhla, kalo udah berfoto disini berarti udah SAH berkunjung ke Thailand Selatan! hohoho...

Perjalanan dilanjutkan kembali ke Hotel... Sampai di Hotel sore dan kita langsung leyeh2 dikamar. Oiya, kulit gue kebakar, panasss banget (sampe berhari2) karena lupa pake Sunblock! Gak nyangka panasnya menyengat bangeettt... hiks...

Abis mandii & leyeh2 di kamar hotel, gue sama temen2 iseng keliling jalan2 di sekitaran hotel, nyari2 pasar malam hehehe... kongkow di ice cream shop lucu, trus nelusurin jalan2 di Hat Yai sampai malam... ^^ Seruuu pokoknya 1 harian dari pagi sampai malam, puasss yang namanya jalan mengeksplore kota hat yai..

Day 3
Waktunya pulangggg... booking airport transfer dari hotel cuman 300 Baht 1 mobil (4 orang). Flight siang, dari Hat Yai International airport menuju ke Kuala Lumpur baru kembali ke Jakarta.
Makan Siang di KLIA2, dan Makan Malam di Jakarta... ^^

Liburan singkattt cuman 4 hari 3 Malam,  dari Penang (Malaysia) trus ke Hat Yai (South Thailand), singkat tapi cukup menyenangkan! ^^
Biaya yang dikeluarkan juga gak banyak2 amat hehehe... cintaaa deh kalo jalan2 ke Asia Tenggara, puas traveling dengan low cost!

Rabu, 04 Maret 2015

PENANG, MALAYSIA

Kalo denger kata Penang, yang terlintas apa?
Kalo gue yang terlintas Hospital & Orang berobat, Penang terkenal dengan Rumah Sakit nya yang katanya Murah dengan pelayanan yang bagus, harganya gak beda jauh sama di RS Indo, makanya banyak orang yang "lari" ke RS di Penang ini untuk berobat bahkan operasi.

Buat gue ke Penang ini kali ke 3, 2x Perjalanan dinas dari kantor, dan 1x jalan2 pribadi bareng temen2. 3x ke Penang ini jadi bikin gue rada hapal sama jalan2nya.. hehehe.. karena emang kota nya kecil, dan kemana2 gue naik bus (naik taksi mahal bokkk..!!)

Flight

Air Asia, 1x daily biasanya flight depart jam 16.45 from Jakarta and arrived at penang 20.10 pm

Transport

Dari Airport ke Hotel bisa menggunakan Taxi Bandara atau Bus (Rapid Penang)
- Taxi Fare to Georgetown around 45 MYR
- Bus Fare to Georgetown around 2.70 MYR

Sim Card

Sim card for Traveler, gue pake Tune Talk, dengan harga 20 MYR pas pertama kali beli, Saldo sebesar 10 MYR dan aktif internet untuk 7 hari. Untuk selanjutnya kalo gue ke Penang, gue cuman beli pulsanya aja 10 MYR untuk jalanin internetnya.

Hotel

Ada 2 hotel yang gue pernah pake selama di Penang.

1. Vistana Hotel, Bukit Jambul
    Ini waktu gue perjalanan dinas dari kantor, karena kantornya deket dari Bandara, jadilah di taro disini, dari Bandara sekitar 15 - 20 menit. (Taxi fare: 31,40 MYR)
berikut link untuk referensi :

rate hotel (based on booking.com or agoda.com) semalam kisaran Rp. 700.000,- (Deluxe) s/d Rp. 1.500.000,- (Suite) tergantung pilihan kamar.
Tempatnya nyaman, bersih, minimalis, kayanya merupakan hotel baru, makanya masih bagus.
Cuman kalo stay disini agak jauh kalo mau ke georgetown. perjalanan menggunakan bus bisa sampai 1 jam kalo mau main2 ke georgetown.

2. Inn Residence 18, Lebuh Cintra, Georgetown
    Gue nginep disini waktu terakhir kali ke Penang, karena bareng temen2, kita cari lokasi nya yang dipusat kota georgetown. Dapet hotel dari Booking.com, yaa bisa dibilang hotelnya standard lah, kamarnya kecil, twin bed, no breakfast, kena semalam 143 MYR atau sekitar Rp. 572.000,- / malam. Lumayan mahal sih untuk ukuran kamar yang kecil. Cuman menang di lokasi aja, strategis.

Culinary

* Macalister Road
    Street Food di Jalan Macalister ini lumayan paling ngetop, gue jam 11 malam kesana juga masih open.. Bentuknya kaya lorong yang dipenuhi stalls2 makanan. banyak pilihan aneka makanan & minuman, dari char koay teow, char mee, fried oyster, fried prawn, dimsum etc.. tinggal pilih sesuai selera aja.. harga makanan starting dari 5 MYR. biasanya gue bisa abis 10 MYR sekali makan disini.

* Lebuh Kimberly
   Sama kaya di Macalister Road, di jalan ini kalo malam dipenuhin sama stalls2 makanan yang isinya beraneka ragam (gak jauh2 dari char koay teow & fried oyster). Jalannya bisa dibilang lebih lebar dari Macalister Road. Must Try!

* Nasi Kandar Original Kayu Penang
   Kalo di Penang pasti ketemu dimana2 yang namanya "Nasi Kandar". Nasi kandar ini semacam nasi putih yang disiram pake bumbu curry (yang beda2 jenisnya) dengan pilihan lauk pauk seperti ayam madu, ayam goreng, omelet, udang goreng, etc..
Nasi kandar original kayu penang yang gue makan ini terletak di belakang Vistana Hotel, Bukit Jambul, open 24 hours.
Starting harga sekitar 9 MYR - 12 MYR (tergantung pilihan lauk pauk)

* China House, Victoria Street, Georgetown
   Kalo ada plan keliling liat2 Street Art Penang, sempetin mampir ke Resto ini, namanya China House. Letaknya di lorong2 Street Art, nanti pasti ketemu karena ada papan nama yang lumayan besar. Gue nyobain makan disini, Cake2nya asli bikin ngiler!! ampe bingung mau nyobain yang mana.. hehehe.. soalnya lumayan mahal, cake Tiramisu yang gue pesen harganya 15 MYR (belum termasuk pajak2an) berarti bisa sekitar 60.000 IDR untuk makan 1 Cake! Waaaw...
trus gue ordered for lunch "El Loco Hotdog" Paket hotdog + french fries juga sekitar 15 MYR harganya... total makan siang gue disitu 34,80 MYR or sekitar 130.000 IDR.. yaahh mayanlah yaaa!

* David Brown's, Strawberry Hill, Sky Terrace, Penang Hill
   Ke Penang pasti wajib ngunjungin Penang Hill, kalo udah sampe ke atas Penang Hill, wajib nongkrong di Cafe ini. Cafe dengan Penang City View, very awesome! Gue duduk2 cantik di Sky Terrace cuman order Ice Cappuccino, Ice Lemon Tea & French Fries dengan total 41,75 MYR or sekitar 155.000 IDR  udah bisa nikmatin view dari atas kota penang.. hohoho.. ^^

* Food Court Penang Hill
   Di sekitaran Owl Museum, ada food court yang lumayan enak & murah.. kaya nasi lemak, chicken fried rice, kwetiau dll.. kalo mau kenyangin perut dulu, ke sini bisa jadi pilihan utama. :D

* Subway Sandwich
   Hohoho.. ini sebenernya fast food sih yaaa, karena gue suka gpp ya gue masukin.. hahaha.. jadi tiap gue ke Penang atau ke tempat lainnya, pasti gak melewatkan beli Subway... Sandwich favorite gue pokoknya! dengan menu andalan Tuna Cheese! :D *sayang di Jakarta gak ada.. huhuhu...

Silahkan dicobaaaaa~ referensi kuliner nya masih belum banyak nanti kalo ada jalan2 lagi langsung gue update yaa :D hehehee...

Wisata

at Street Art

* Street Art Penang
   Street art yang berlokasi di central Georgetown ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungin. kita harus menelusurin jalan2 lorong georgetown untuk cari painting wall tersebut.. kalo mau kesini enak agak sorean sekitar jam 4an, karena kalo siang lumayan panassss.

Gue cuman ketemu 7 dari 22 Street Art yang ada di Map. Silahkan di cariiiii~ hohoho...

at Penang Hill
* Penang Hill
   Wisata ke "puncak" nya Penang.. dari Georgetown ke Bukit Bendera makan waktu kurang lebih 1 jam. Gue naik Bus dari Terminal Bus Jetty, cuman kena 2 MYR untuk 1x jalan. Trus beli tiket untuk naik train ke atas bukit seharga 30 MYR untuk return. Starting Open 06.30 AM for first train & 11.00 for last train from top station.
Seru naik keatasnya.. view kota penang keliatan jelas kalo siang.. tapi kayanya lebih bagus kalo malam, ngeliat lampu2 kota penang dari atas.

* Penang Bridge
   Merupakan salah satu Jembatan terpanjang yang menghubungkan pulau pinang dengan daratan Malaysia. Gue sempet ngelintas Penang Bridge waktu perjalanan mau ke Hat Yai. Penang Bridge salah satu ikon dari Negeri Malaysia karena desaignnya yang bagus & indah kalo dilihat pada malam hari keliatan jelas lampu2 Penang Bridge.

Sebenernya banyak wisata-wisata di Penang yang gue belum sempet kunjungin kaya :
* Sri Mahamariamman Temple

Shopping Mall

Ada beberapa Mall di Penang yang gue tau dan pernah gue kunjungin :

1. Prangin Mall
    Mall yang terletak dekat dengan Terminal Bus Komtar. Mallnya lumayan besar dengan tenant2 banyak.. yang dijual baju2, elektronik, etc.. kalo menurut gue lebih kaya ITC di Jakarta gitu.

2. 1st Avenue Mall
    dari Prangin Mall tinggal nyebrang aja untuk ke mall ini, kalo disini tenant2 yang lumayan terkenal & exclusive. ada H&M, Charles & Keith, dan brand2 terkenal lainnya.

3. Plaza Gurney
4. Queensbay Mall
untuk 2 mall terakhir gue belum pernah masuk, cuman karena terkenal jadi gue tau, Queensbay Mall mungkin mall paling asik karena terletak di pinggir pantai & mall paling besar di Penang.

Demikianlahhhh perjalanan saya ke Penang, udah 3x ke Penang dan kemungkinan akan terus kesana (karena kerjaan) hehehehe...
kalo untuk traveling, gue rasa di Penang 3 hari 2 malam udah cukup mengeksplore kota Penang, kalo lebih dari itu agak bingung mau ngapain lagi.. ^^
Terakhir kali ke Penang (pribadi dengan teman2) gue overland trip sampe ke Hat Yai, Thailand Selatan menggunakan Mini Van.. hohoho :D

Cost per Person for 1 night at Penang :

Kurs: Rp. 3.600,-

Sabtu, 17 Januari 2015

Liburan ke Padang & Bukittinggi, Sumatera Barat

Yippieee.. family outing to Padang!!

Gue berangkat ke Padang, Sumatera Barat ber 7.. dengan nyokap, adek, tante, dan sepupu2! :D
Seru banget bisa pulang kampuang basamo!

Menyusun itinerary 2 malam stay di Bukittinggi 1 malam stay di Kota Padang, dengan total 4 hari 3 malam liburan dikampung halaman ^^

Flight

Citilink Return Jakarta - Padang Rp. 1.800.000,- /orang

Transportation (Car Rental)

Arrived at Minangkabau International Airport, gue langsung dijemput oleh driver dari rental mobil yang gue sewa selama di Padang. Karena pergi rombongan gue akhirnya sewa minibus Pregio, karena kapasitas nya bisa untuk 8-10 orang. Untuk harga sewa minibus Pregio (yang gue dapatkan) adalah Rp. 800.000,-/hari (Include driver & bensin).
Berikut harga sewa mobil di Padang :
* Toyota Innova Rp. 450.000,- (kapasitas 7-8 Orang)
* Toyota Avanza Rp. 400.000,- (kapasitas 5-6 Orang)
* Daihatsu Xenia Rp. 400.000,- (kapasitas 5-6 Orang)
untuk detail lengkap nya berikut link nya : http://sewamobilpadangwl.com/ (Up: Uda Welly)
recommended : fast respons, harga lebih murah dibanding tempat sewa mobil yang lain, driver sopan.

Hotel Akomodasi
Hotel gue selama di Padang sebagai berikut :

* The Hills Bukittinggi
Sebelumnya hotel the Hills ini bernama Novotel Bukittinggi, one of best hotel in town di Bukittinggi, dengan bentuk seperti hotel klasik, sehinggal terlihat seperti hotel tua, tetapi memiliki pemandangan yang bagus.. dan juga dekat sekali dengan objek wisata "Jam Gadang", sekitar 5 menit jalan kaki.. dan dekat dengan Pasar Atas Bukittinggi, yang menjual mukenah bordiran, jilbab, dll..
Menu breakfast nya juga lumayan enak :D
Harga semalam untuk menginap di The Hills Bukittinggi ini memang lumayan mahal, starting Rp. 900.000,- /malam.
untuk Traveler/Backpacker gue sangat tidak merekomendasikan stay dihotel ini, karena harga nya bisa dialokasikan ke budget travel yang lain ;p silahkan browsing2 untuk referensi hotel ala backpacker!

* Premier Basko Hotel
Setelah 2 malam menginap di Bukittinggi, gue & keluarga pindah hotel ke Kota Padang, karena dekat dengan Airport, nama nya Hotel Premier Basko.
Hotelnya bagus, dengan design minimalis, dan di samping mall!! hehehe.. kalo bosen bisa jalan2 ke mall sebelah hotel. Breakfast nya juga lumayan enak.. :D
Harga semalam menginap di Premier Basko Hotel mulai dari Rp. 500.000,- untuk kamar Superior dan bisa mencapai belasan juta untuk kamar President Suite! Woooow..!!
Check this out for further information : http://www.baskohotel.com/

Wisata Kuliner

Kalo udah sampe Padang, jangan tanya dehhh soal kulineran, udah enak, murah-murah pula... pokoknya bisa bikin timbangan naik! :p
berikut list resto / tempat makan yang sempet gue kunjungin selama di Padang :

1. RM Lamun Ombak
    Dari Minangkabau Airport jarak ke RM Lamun Ombak ini gak begitu jauh, sekitar 10 - 15 menit
naik mobil. RM Lamun Ombak ini restaurant Padang yang termasuk besar atau bias dibilang legendaris di Padang, harga nya juga murah, dan masakannya enak! *masakan original dari orang Padang nya langsung :p untuk harga, gue makan ber 10 dengan kelurga besar hanya habis Rp. 300.000,- murah banget kan? :D
RM Lamun Ombak ini open dari jam 07.30 pagi sampai jam 22.00 malam..
Menu favorite : Rendang, Soto Padang, Ayam Gulai ^^ (Must Try!)

2. Sate Padang Mak Syukur, Padang Panjang
    Dalam perjalanan dari Kota Padang ke Bukittinggi, gue mampir makan Sate Padang paling hitzzz, Sate Padang Mak Syukur di Padang Panjang.. Satu porsi sate padang saja bisa bikin kenyang berkepaanjangan, karena porsinya yang lumayan besar, tusuk sate dengan daging2 yang besar dan kuah berlimpah. pokoke maknyusss... harga per porsi nya adalah Rp. 22.000,- /porsi.
silahkan di cobaaaaa... ^^ (Must Try!)

3. Mie Aceh Baruna, Bukittingi
    Mie Aceh Baruna ini lokasi nya di depan Hotel The Hills Bukittinggi, tinggal jalan kaki 2 menit sampai ke lokasi, very recommended! enak & murah.. gue pesen mie aceh nya 1 porsi dengan ukuran yang lumayan besar, bisa untuk 2 orang! :D untuk harga, gak sangka pas bayar untuk makan 7 orang hanya Rp. 120.000,- (woooww...!!) rata2 perorang hanya kena Rp 17rban untuk makan & minum.. murah kan?? ^^ (Must try!)

4. Rendang RM Selamat, Bukittinggi
    Semua orang kayanya udah pada tau kalo Rendang itu makanan khas Sumatera Barat.. hehe.. dan Rendang Selamat ini paling popular untuk dibawa pulang sebagai oleh2.. :D Nyokap gue beli untuk dibawa pulang ada kali sekitar 10 potong daging, dengan ukuran yang besar2, dan bumbu rendang yang superrr banyak.. dan dibungkus pake Tupperware plastic gitu. Harga nya gue lupa 1 potong nya berapa deh.. (karena nyokap yang bayar hehehe..^^) (Must Try!)

5. Kerupuk Jangek, Pasar Bawah Bukittinggi
    Gue paling doyan makan kerupuk jangek yang terbuat dari kulit sapi, trus dicampur sama kuah gulai..  dan dimakan pake nasi + ayam gulai juga! parahhh maknyusss banget! *ngecesss* kerupuk Jangek ini dijual banyak di pasar-pasar bukittinggi (atau pasar lainnya di Padang) ada yang sudah jadi (siap makan) dan ada yang masih mentah, harus di goreng kembali.. harga nya untuk 1 plastic ukuran kecil starting Rp. 10.000,- dan sampai ratusan ribu untuk harga per kilo. Gue sama keluarga doyan banget ngemil kerupuk jangek ini, dan sampai dibawa turun kalo kita lagi makan di resto, tinggal minta kuah gulainya deh.. hehehe ^^ (Must Try!)

6. Rumah Soto Padang, Bukittinggi
    Pengen makan yang berkuah2?? pas banget ketemu resto "Rumah Soto Padang" di pinggir jalan.. hehehe.. dari Hotel The Hills bisa naik mobil sekitar 5 menit, jalan kaki bisa 10 menit kali ya.. Gue pesen Soto Daging & Nasi plus tambahan perkedel & paru kering.. hahaha... *ngecessss*
dari segi harga menurut gue lumayan mahal, 1 porsi Soto Padang (dengan mangkuk kecil) sekitar Rp. 27.000,- s/d Rp. 29.000,- belum termasuk nasi & minuman. tapi belum komplit jalan2 ke Padang tapi belum nyicip yang namanya Soto Padang! ^^ (Must Try!)

7. Pondok Flora Resto, Batu Sangkar
    Gue kebetulan mampir ke resto ini karena mau wisata ke daerah batu sangkar, akhirnya kita lunch di resto ini. Tempat nya mengapung diatas sungai, jadi bisa liat ikan2 dibawah kaki.. trus banyak hewan2 yang dijadikan objek bermain oleh pengunjung.. kaya monkey bergelantungan, sampai burung hantu yang bagus bangetttt, tapi tetep diikat menggunakan tali lho yaaa... (dan gue sempet foto dengan si owl ini!) cute! di banding resto2 lain, resto ini masakannya agak kurang.. standard lah.. kalo dari harga nya gak beda jauh dengan resto padang lainnya.

8. Durian pinggir jalan By. Pass
    Tiba2 keluarga gue ide banget ngajak makan duren jam 10 malam! hahaha... karena penasaran gue akhirnya ikut...ternyata ada wisata kuliner makan duren tengah malam di padang, dan itu ramaiiii banget pengunjung dan yang jual... setting tempat lesehan di atas trotoar, dan duduk sambil menikmati dure n yang langsung dibelah di depan pengunjung, disantappp dengan ketan dan kelapa... rrggghhh (ingettt timbangan sisst!!) hehehe... harga 1 buah duren starting Rp. 15.000,- s/d Rp. 30.000,- tergantung kondisi duren nya. (Must Try!)

9. Oleh2 Kripik Balado Shirley
    Oleh2 khas dari Padang? ya keripik Balado!! hehehe.. sebenernya ada banyak merk dari Keripik Balado yang dijual di Padang, salah satunya Shirley, atau Christine Hakim yang terkenal juga. Gue sama keluarga gue memilih ke Shirley karena dekat dari hotel. Selain keripik balado, juga jual makanan lain khas padang seperti paru rendang kering, keripik sanjay, dakak-dakak, dll...
Untuk harga keripik sanjay/balado starting Rp. 20.000,- s.d Rp. 25.000,-
Silahkan diborongggg ^^

Objek Wisata

Objek wisata di Padang itu banyakkkkk banget! Gue gak sempetttt untuk berkunjung kesemua tempat, karena waktunya juga kurang,, kalo untuk keliling semuanya bisa stay 7-8 hari kali ya.. hehehe... dari sekian banyak objek wisata di Padang, berikut yang gue sempet kunjungin.

1. Jam Gadang
    Merupakan landmark terkenal di daerah Bukittingi, yang menjadi symbol daerah tersebut, banyak wisatawan yang berfoto dengan background Jam Gadang tersebut.
2. Pasar Atas Bukittinggi
    Pasar yang berdekatan dengan Jam Gadang ini, merupakan Pasar yang paling diminati oleh ibu2, karena menjual mukenah bordir, jilbab, bahan kain khas padang, dll.. dengan harga yang relative murah..
3. Goa Ngalau Indah, Payakumbuh
    Goa Ngalau Indah merupakan salah satu objek wisata yang kebetulan gue lewatin, pas masuk ke dalam mulut goa, dan turun menjelajah ke dalam perut goa. Ukuran Goa Ngalau Indah ini tidak terlalu luas, tetapi memiliki  stalaktit dengan bentuk yang bagus.. pokoknya seru,, berasa di film "The Journey of the Centre of the Earth" di dalam Ngalau Indah ada sebuah Batu yang disebut oleh penduduk local "Batu Menangis" yang menurut cerita bisa menangis disaat tertentu..
Harga tiket masuk ke Objek Wisata ini hanya Rp. 5.000,- /orang dan karena keluarga gue di dampangi oleh guide kita kasih tips lebih ke guide tersebut. ^^
4. Lembah Harau
5. Kelok 9
6. Batu Si Angkek2
    Hmm.. Batu Si Angkek2 ini merupakan objek wisata yang agak mistis :p hehehe.. ini kali kedua gue berkunjung ke Batu Angkek2 ini... Jadi di dalam sebuah rumah ada sebuah Batu, yang jika diangkat ringan, maka keinginan dari yang angkat batu tersebut akan tercapai. (insya allah...)
Si pengunjung diberi kesempatan 3x untuk mengangkat Batu tersebut, ritualnya sebelum mengangkat batu, kita membaca doa, lalu dalam hati mengungkapkan keinginan kita, lalu mengangkat batu tersebut. yaah.. ini percaya tidak percaya sih,, pokoknya semua keinginan hanya Allah SWT yang bisa mengabulkan :)
7. Istano Pagaruyung, Batu Sangkar
    Istana atau bisa dibilang Kerajaan Pagaruyung merupakan objek wisata yang paling dikunjungi oleh wisatawan local dan asing. Biaya masuk sebesar Rp. 7.000,-/orang. Pengunjung bisa menyewa baju tradisional adat padang sebesar Rp. 35.000,- dan mengunakan jasa foto + cetak sebesar Rp. 35.000,- untuk kenangan2.