Travel is the only thing you buy that makes you richer..

Jumat, 16 November 2012

Angkor Wat Tour, Siem Reap, Cambodia ^^

Hi guys.... masih lanjutan dari Blog sebelumnyaa... Nah... sekarang gue mau bahas Siem Reap, Cambodia ^^

Traveling Day #3 27 Oktober 2012

- Breakfast @ Hostel HCM
- di Pick up sama orang Bus di Hostel
  And here we go... overland trip with a bus is start to Siem Reap, Cambodia..
Gue akhirnya nyobain naik Bus ke Siem Reap, nama Bus nya Phnom Penh Sorya, penting buat loe tau nama Bus Company nya, karena gue minta Fasilitas Free Pick up dari Hostel gue di Siem Reap, dan mereka minta Nama Bus Company nya untuk Jemput kita di pool Bus nya tersebut...
untuk biaya nya per orang itu 25 USD dan gue booking via Hostel gue di Ho Chi Minh... Info2 yang gue dapet, lama perjalanan itu sekitar 12 Jam... ckckck... nekat.com ... tapi Bus nya bagus & bersih ada toilet juga... gue ambil seat paling belakang sama @bhatzky .. ngobrol2, tidur, denger ipod... yaahh gitu2 aja lah selama perjalanan...

- Imigrasi Darat 

  So, lama perjalanan dari Ho Chi Minh ke Border (perbatasan) itu sekitar 2 Jam... Nama perbatasannya itu "Moc Bai" (Vietnam) dan "Bavet" (Cambodia) Jadi proses Imigrasi Darat nya :
*) Pas di jalan salah satu orang dari Bus nya collect Passport kita... dan happy nya ternyata for Indonesian people FREE VISA!! assiikkk!! padahal gue udah nyiapin USD 25 untuk VOA (karena dari info2 yang gue dapet di Internet, Indonesian people juga harus bayar VOA) kayanya peraturannya udah berubah deh ^^
*) Sampai di Moc Bai's Border kita turun dari Bus... terus masuk ke dalam gedung untuk mendapatkan Stampel "Exit" dari Vietnam and then naik ke Bus lagi.. Gak begitu lama lah proses untuk Imigrasi keluar ini, sekitar 10 - 15 menit.
*) Setelah naik Bus, jalan sekitar 5 menit ke Bavet's Border, terus turun lagi dari Bus dan masuk ke gedung Imigrasi nya Cambodia.. Imigrasi Cambodia agak ketat menurut gue, gak kaya Imigrasi Vietnam yang langsung cap2 aja di passport. di Imigrasi Cambodia gue harus Scan 5 Fingers kanan kiri, and then scan thumbs kanan kiri terus di Cap passport and then keluar terus ukur suhu tubuh segala... (dan gue baru tau kalo suhu tubuh kita gak normal, kita bisa dimasukin ke ruang karantina dulu untuk dikasih obat dan sebagainya.. astagaa....) agak ribetttt eyyymm... udah "lolos" semuanya baru deh kita disuruh naik bus lagi ngelanjutin perjalanan... ^^
tapi segala proses imigrasi darat nya tertib dan teratur, dan emang di bantu sama pihak Bus nya juga sih gue rasa... and i am in Cambodia noooowww...!! yipppiieee ^^


*) Foto searah Jarum jam : di Dalam Bus Phnom Penh Sorya, Situasi Imigrasi Vietnam (Moc Bai's Border), Transportasi Tuk Tuk @Cambodia

- Lunch
  Ga seberapa jauh dari Bavet's Border, kita berenti dulu di Local Restaurant gitu untuk Lunch... range harga untuk lunch itu sekitar 2,5 USD ke atas.. itu gue kena 2,5 USD makan pake Ayam Goreng gitu doang... ckckck.. mayan mahal siiih... -_- dan mau gak mau makan aja udah, karena ngelanjutin perjalanan masih jauh, belum tentu brenti lagi kan...

- Arrived @ Phnom Penh, Cambodia
  ngelanjutin perjalanan dan akhirnya sampaaiii di Terminal Bus Phnom Penh... dan gue baru tau ternyata kita emang Stop di Terminal Phnom Penh untuk ganti Bus ke Siem Reap... lama perjalanan Ho Chi Minh - Phnom Penh sekitar 7 Jam termasuk proses Imigrasi & Stop untuk Lunch... gue sampai di Phnom penh sekitar jam 15.00 dan harus nunggu 2 jam untuk berangkat lagi ke Siem Reap... akhirnya luntang lantung di Terminal Bus Phnom Penh... hehehehe... beli cemilan, minuman dll..

- Go to Siem Reap, Cambodia
  Setelah nunggu 2 Jam, sekitar jam 17.00 baru bus nya berangkat ke Siem Reap... Kondisi perjalanan dari Phnom Penh ke Siem Reap lumayan parah sih, ada ngelewatin jalanan yang rusak parahhh bangett... gue kaya berasa Gempa di dalem bus... ckckck... tapi setelah itu sih jalanan nya lumayan bagus... Sempet berenti dulu untuk dinner di Local Restaurant, tapi ternyata makanannya udah abiss... gue akhirnya cuman ngemil2 dan nahan laper aja... selama perjalanan tidur & denger music...

- Arrived @ Siem Reap, Cambodia
  Sampaaiiii Siem Reap sekitar jam 23.00 malem... 6 jam perjalanan dari Phnom Penh ke Siem Reap.. dan bagusnya di Terminal Bus udah ada yang jemput dari pihak Hostel... pake papan2 signage segala lagi "Ms. Erra Gustiarini" hehehehe... kemarinan di Airport, sekarang di pool bus... :p
Naik tuk tuk nya Cambodia, dan dianterin ke Hostel... Seperti biasa yaah, jangan lupa kasih tipss :)

- Check in Hostel @Siemreap Rooms Guesthouse
  Check in, isi form & minta nomor passport, abis itu Kasuuuuuurr..... haaahh!! Rebahan duluuuu cuii... hehehehe... Kamar nya baguss, gue ngambil untuk yang Triple jadi nya kamarnya kegedean untuk berdua doang... ada TV, Free Wifi, Kamar Mandinya juga bersih, yaaaah... lumayan lah ^^
time to rest.. after 15 hours overland trip with a Bus!! tapiii seru dan dapet pengalaman baru...

Traveling Day #4 28 Oktober 2012

Good Morning Siem Reap.... ^^

- Breakfast >> @ Hostel
  Pagi2 gue sama @bhatzky udah bangun, mandi dan akhirnya turun untuk Breakfast. Gak kaya hostel di HCM yang ngasih free breakfast, di sini gue harus bayar untuk Breakfast (Mushroom Cheese Omelet & Roti) sekitar 3 USD. Abis sarapan kita ketemu sama Mr. Phil, si Owner hostel... dia yang ngasih Info tentang tour Angkor Wat dan sebagainya... kita juga dikasih Map gitu supaya gak nyasar... dan Mr. Phil juga nyariin kita Driver's tuk tuk yang bisa Bahasa Inggris untuk jadi Tour Guide.

- Angkor Wat Tour
  Tujuan awal ke Siem Reap, Cambodia ini emang cuman mau ke Angkor Wat doang... Karena satu2nya Objek Wisata yang paling ngetop di Cambodia. Naek tuk tuk ke Angkor Wat, deal dengan harga USD 12 untuk berdua gue sama @bhatzky.
Perjalanan dari Hostel ke Angkor Wat gak begitu jauh ternyata, sekitar 20 menit udah sampai ke Pintu Masuk Angkor Wat... disini kita harus bayar tiket sebesar USD 20 untuk One Day Pass /person... ada juga tourist yang ngambil 3 Days Pass... Ckckck... Mau neliti temple kali yaak.. Lucu nya di Ticket Angkor Wat ini ada Photo kita nya... hehehehe... Ticket itu ntar dipake untuk masuk2 ke Temple di dalam Angkor Wat...
Abis beli tiket, kita naik Tuk Tuk lagi untuk jelajah temple - temple di Angkor Wat itu... Asli yaaa... itu Area Angkor Wat berapa ratus Hektar kayanya... Gede nyaa ampyuunnn.... -__- Mana panasssss terik waktu gue kesana...
Gak seluruh Temple gue masukin, cuman Temple - temple ngetop aja... yaitu : Angkor Wat Temple, Bayon Temple, Angkor Thom Temple & Ta Prohm Temple...  dari Temple yang satu ke Temple yang lain itu lumayan jauh... jadi kaya gue udah puas foto2 & keliling Angkor Wat Temple, trus mau pindah ke Bayon Temple dianterin sama si driver's tuk tuk... Nah, terakhir Temple yang gue sebut, Ta Prohm Temple itu tempat syuting nya Film Tomb Rider, scene Lara Croft waktu berantem2 gitu deh, kadang di sebut juga Tomb Rider's Temple... hehehehe... banyak Temple yang udah di Renovasi, karena emang udah Tua banget umurnya... kadang kita juga liat Warning : "Unsafe Area" karena takut udah rapuh...
di Angkor Wat ini banyak banget Tourist around the World... dan mereka menyediakan Tour Guide sesuai dengan permintaan si Tourist dari Negara mana, kaya Tourist Korea, mereka ada tour Guide yang bisa berbahasa Korea... ^^ Tour Angkor Wat ini gue cuman ngabisin Half Day... karena emang udah capek jalan kaki udah gitu cuaca nya panas terik...
So, Histornya dari yang gue baca itu  Angkor Wat adalah sebuah Temple yang terletak di Siem Reap, Cambodia dan dianggap sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Ia dibangun oleh Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan candi Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil-kuil yang indah-indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Setiap Temple punya History masing - masing.. kalo kata @bhatzky Angkor Wat ini "kakaknya" Candi Borobudur di Indonesia. hehehehe...

- Lunch @ Old Market, Siem Reap
  Setelah capek keliling2 Angkor Wat... Gue sama bhatzky minta di anter ke Old Market, sekalian nyari makan Siang... Si driver's Tuk Tuk gak mau nungguin, mungkin karena perjanjiannya emang cuman untuk Angkor Wat Tour doang kali yah... Akhirnya kita di tinggal, jelajah Old Market berduaan.
Nyari2 tempat makan, akhirnya nemu Restaurant Asia gitu, gue makan yang paling aman ajaa, yaitu Nasi Goreng Ayam... hehehehe... Plus Ice Cappucinno. Untuk pesanan itu gue kena USD 5 ckckck... Cukup mahal yaa untuk 1 kali makan doang? -__-

- Shopping @ Old Market, Siem Reap
  Old Market ini merupakan Traditional Market di daerah Siem Reap, gue sama @bhatzky liat2 Souvenir + Tshirt untuk oleh2... Gue dapet Tshirt Local dengan harga USD 2,5 bahannya lumayan bagus sih, terus magnet untuk kulkas itu gue beli dengan harga USD 5 untuk 4 Bh. Tapi kita masih tahan2 diri untuk Shopping, karena kata Mr. Phil kalo malem ada "Night Market" gitu... biasanya lebih murah2 lagi... hehehe

- Back to Hostel
  Udah selesai keliling2 Old Market, kita putusin untuk balik dulu ke Hostel, istirahat & mandi dulu, baru keluar lagi untuk dinner & ke Night Market.. Balik ke Hostel naik Tuk - Tuk berdua kena USD 2, jadi itungannya untuk 1 orang itu USD 1 mau jaraknya kemana aja... Ckckck...
Sampaii hostel, leyeh2 nonton TV, upload2 foto di Instagram, Path, maen Song Pop... (that's why wifi itu wajib ada!!) :D hahahaha... #Fakir Wifi

- Night Market, Siem Reap
  Jam 7an malem di Jemput sama si driver's Tuk Tuk tadi siang, jadi emang udah booking pas siang gue bayar dia, kan seharusnya USD 12 terus karena gak ada uang pas gue kasih USD 15 untuk sekalian malemnya di jemput ke Night Market.
Dan emang rameeeee banget di Night Market iniii... Night Marketnya bukan yang di Pinggiran Jalan gitu yaah... Mereka punya toko2, loe emang harus masuk2 ke dalem sih... tapi tempatnya bersih & nyaman.. akhirnya shopping Pernak Pernik Cambodia di Night Market, beli T-Shirt dapet dengan harga USD 2, untuk T-Shirt yang agak bagus harganya USD 2,5 terus beli Key Chain dapet dengan harga USD 3 untuk 2 renteng gitu... Gue beli tas2 juga dapet harga nya USD 5 untuk 2... hahahaha... pokoknya kayanya disini gue ngabisin duit bangetttt deh -___- 
Abis itu Dinner di Asian's Restaurant, makan Nasi Goreng lagi... hahahhaa... *Asli gue bingung mau makan apaan dengan Resto yang isinya kebanyakan Babi semua... sekali makan gue kena USD 5 lagi... hadeeehh....

- Time to Rest @Hostel
   Puas keliling2 di Night Market, gue balik ke Hostel, seperti biasa lah yaaa~ Sebelum tidur kita Packing dulu, karena besoknya harus pindah ke Thailand... Ckckckck... daaann.. karena khilap, tas bawaan gue jadi beranak... hahahaha... Asli dah.. baru negara ke 2 udah beranak tas nya -__-
Oiyaa, untuk perjalanan besok ke Thailand itu, gue minta bookingin Bus ke Borders via Hostel... sebelumnya kita ngobrol2 sama Mr. Phil tentang Overland ke Thailand... dia menyarankan kita untuk naik Bus langsung dari Siem Reap ke Bangkok, tapi gue sama @bhatzky maunya naik Bus cuman sampai Border terus mau Lanjut naik Train ke Bangkoknya... dia udah ngasih tau kalo Imigrasi nya unpredictable... kalo antrian lagi Panjanggg banget di Imigrasi kemungkinan loe bakalan ketinggalan Kereta... tapi kita teteupp kekeuuhh mau nyoba naik Train.. hehehe... So, akhirnya gue beli tiket Bus ke Border dengan Harga USD 10 /persons.. padahal tiket Bus ke Bangkok itu Harganya USD 12 /persons... ckckck... seharusnya gue dapet setengah harga tuh, ini beda nya tipissss banget -__- tapi yaudahlah yaaa~ Tiduuur untuk siapin Stamina besokan paginyaa ^^

Traveling Day #5 29 Oktober 2012

- Breakfast >> Take Away, karena orang dari Bus nya udah Jemput.. 
  Breakfast dengan menu yang sama, kena USD 5 sekalian beli Air Mineral besar untuk di Perjalanan nanti..
- Di  pick up sama orang Bus di Hotel
and here we go... another overland trip with a bus to Bangkok, Thailand.. ^^


  Sooo... begitu lah Tour Angkor Wat secara singkaaattt.... hwehehehe... 3 hari 2 malem di Siem Reap, Cambodia waktu berasa lamaaa banget, bingung mau ngapain lagi, karena Wisata nya yang menarik itu cuman Angkor Wat doang -_- kalo waktu di Vietnam gue bilang mau balik lagi, di Cambodia ini gue rasa cukup 1x ini aja deh yaaa... selain Objek Wisatanya cuman Angkor Wat, biaya hidup di Cambodia ini mahaaaallll gila... karena pake Dollar untuk segala transaksi... Siiigghh.... Disini gue salah perhitungan, karena gue pikir murah, ternyata mahal... ckckckck...

COST @ SIEM REAP, CAMBODIA

- Hotel 3D2N                                    = 22 USD
- Pick Up Serivce (Poll Bus-Hostel)   =  Free
- Masuk Angkor Wat (1 Day Pass)    = 20 USD
- Tuk Tuk (Angkor Wat Tour)            =   6 USD
- Tuk Tuk (Transport)                        =   5 USD
- Meals (Brekfast, Lunch, Dinner)      = 25 USD
- Bus to Border, Thailand                   = 10 USD
- Oleh-Oleh (dsbnya)                         = 40 USD
                                                        ------------- +
                                                         = 128 USD >> Soo, sekitar 1.280.000 IDR yaaa... untuk 3 hari 2 mlm di Siem Reap... itungan per orang lhooo...

Emang sih dari Total Cost ini gak beda jauh sama di Ho Chi Minh, tapi entah kenapa di Siem Reap ini menurut gue mahal O_o  Semua transaksi pake USD dan kalo ada kembalian mereka balikin kita pake RIEL (mata uang Cambodia) curang nya sih begitu... Sigghh... dan mata uang Cambodia si RIEL ini gak laku kalo dituker lagi di Money Changer, jadi mendingan loe abis2ini aja disana deh...

Siem Reap, Cambodia #Facts :
1) Sama kaya di Vietnam, Setir Mobil di Cambodia sebelah kiri, sama2 bikin bingung.. -__-
2) Siem Reap kotanya gak begitu Crowded kaya HCM, motor gak begitu banyak, transportasi kalo kemana2 untuk Turis biasanya Tuk - Tuk.. harus pinter2 nawar... tapi biasanya per orang kena USD 1
3) Sama kaya di HCM, No Starbucks di Siem Reap! Cambodia juga punya Kopi khas mereka sendiri, gue sempet nyobain, rasanya agak2 lebih pahit dari Kopi Vietnam
4) 1 USD = 4.000 RIEL *) gak tau pasti nya berapa, karena emang transaksi selalu pake dollar.
5) Mata uang mereka sendiri gak laku di sana, kalo transaksi beli sesuatu pake dollar, dikembaliin dalam bentuk Riel... kaya beli Air Mineral, harganya 0,5 dollar, mereka akan kembaliin ke kita pake Uang Riel sebesar 2.000
6) Sama kaya Vietnam, Cambodia punya brand for beer mereka sendiri.. namanya Angkor BEER harganya gue kurang tau juga sih, karena gak nyoba :p
7) di Cambodia ada 2 kota yang ngetop PHNOM PENH & SIEM REAP, Phnom Penh merupakan Ibu Kota untuk segala urusan pemerintahan & politik, kalo Siem Reap untuk Pariwisata & Ekonomi.
8) BEBAS VISA untuk INDONESIAN!!! yipppiiee... Ternyata sekarang udah bebas Visa... gue baca2 di Internet walopun udah ada Perjanjian antara Combodia - Indonesia mengenai masalah Visa ini, orang2 Indonesia yang masuk ke Cambodia tetep di Tarik VOA Sebesar USD 25.
Kayanya peraturannya udah berubah, jadi gue bisa Saving USD 25 deehh... hehehehe...
9) Hotel / Hostel di Siem Reap banyak banget di kelola sama orang asing.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar